PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI CIRI-CIRI DAN KEBUTUHAN MAKHLUK HIDUP DI KELAS III SDN SUKORAME 3 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

YUNI PRASETIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0059

Abstract

Abstrak Yuni Prasetiani : Pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe example non example terhadap pemahaman siswa pada materi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup kelas III SDN sukorame 3 kota kediri Skripsi. Kata kunci : Model pembelajaran kooperatif Tipe example non example, ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup. Penelitian ini dilatar belakangi hasil penelitian dan pengamatan bahwa pembelajaran pendidikan di SD siswa hanya menerima materi yang disampaikan oleh guru tanpa ada hal yang dapat menarik minat siswa, karena media yang digunakan tidak ada. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan model pembelajaran yang tepat digunakan yaitu model kooperatif Tipe example non example. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mengajukan 3 rumusan masalah sebagai berikut (1) Apakah Model Example Non Example didukung media gambar berpengaruh terhadap Pemahaman Siswa Pada Materi memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup Kelas III SDN Sukorame 3 Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016? (2) Apakah Model Example Non Example tanpa didukung media gambar berpengaruh terhadap Pemahaman Siswa Pada Materi memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup di Kelas III SDN Sukorame 3 Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016 ? (3) Ada perbedaan pemahaman siswa pada materi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup antara yang diberi pembelajaran example non example didukung media gambar dan yang diberi pembelajaran dengan model example non example tanpa didukung media gambar pada kelas pada siswa kelas III SDN Sukorame 3 Kota Kediri tahun 2015/2016 ? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Subjek random desain pretes-postes grup. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN Sukorame 3 Kota Kediri tahun 2015/2016. Teknik pengumpulan data berupa soal. Analisis data yang digunakan adalah rumus uji t. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Model Example non exmple didukung media gambar berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemahaman ciri-ciri dan kebutuhan makluk hidup pada siswa kelas III SDN Sukorame 3 Tahun Ajaran 2015/2016 dengan ketuntasan klasikal 84%, hal ini terbukti dengan tingginya harga t_hitung (40,117) >? t?_tabel 1% (2,861). (2) Model Example non exmple tanpa didukung media gambar berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman ciri-ciri dan kebutuhan makluk hidup pada siswa kelas III SDN Sukorame 3 Tahun Ajaran 2015/2016 dengan ketuntasan klasikal 38%, hal ini terbukti dengan tingginya harga t_hitung (32,339) > t_tabel 1% (2,845). (3) Terdapat Perbedaan Penerapan Model Example non exmple didukung media gambar dibanding Model Example non exmple tanpa didukung media gambar terhadap kemampuan pemahaman ciri-ciri dan kebutuhan makluk hidup pada siswa kelas III SDN Sukorame 3 Tahun Ajaran 2015/2016 dengan keunggulan pada Model Example non example didukung media gambar. Hal ini terbukti dari harga ? t?_(hitung ) (3.468)> ttabel 1% (2,721) dengan x ? kelompok experimen 83,50 >( x) ? kelompok kontrol 73,50

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI