pengaruh metode simposium yang didukung media flipchart untuk meningkatkan kemampuan menceritakan tokoh-tokoh pada masa hindu-budha kelas V SDN Sembon 1 kecamatan Karangrejo kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2015/2016


Author (Penulis)

ALFIYANTI DWI PUTRI RAHAYU
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0057

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini di latar belakangi dari kenyataan yang mana guru masih menerapkan metode ceramah atau menggunakan pendekatan teaching center guru menjadi narasumber dari segala pengetahuan yang akan diterima dan diketahui oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan metode simposium yang didukung media visual fliptchart terhadap kemampuan siswa menceritakan tokoh- tokoh pada masa Hindu- Budha pada siswa kelas V semester I SDN Sembon I Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. Rumusan masalahnya adalah 1) Bagaimana kemampuan siswa menceritakan tokoh- tokoh pada masa Hindu- Budha tanpa menggunakan metode simposium yang didukung media visual fliptchart? 2) Bagaimana kemampuan siswa menceritakan tokoh- tokoh pada masa Hindu- Budha dengan menggunakan metode simposium yang didukung media visual fliptchart? 3) Adakah pengaruh penerapan metode simposium yang didukung media visual fliptchart terhadap kemampuan siswa menceritakan tokoh- tokoh pada masa Hindu- Budha pada siswa kelas V semester I SDN Sembon I? Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pendekatan pre-experimental bentuk one-group pretest-posttest. Sampel penelitian ini 50 siswa. Instrumen penelitian berupa testulis. Validitas tes dihitung dengan rumus pearson product moment dikatakan valid apabila rhitung>rtabel, dengan rtabel = 0,456. Kofesiensi realibilitastes = 0,906 ini dihitung dengan rumus K-R.21 (Kuder – Richardson). Teknik analisis data yang digunakanya itu dengan uji-t, dan derajat kebebasan (db) = 21. Kesimpulannya adalah 1) Kemampuan siswa menceritakan tokoh- tokoh pada masa Hindu- Budha siswa kelas V SDN Sembon 1 Kecamatan Karangrejo Kab.Tulungagung dengan pembelajaran tanpa menggunakan metode simposium yang didukung media fliptchart cenderung rendah dibuktikan dari rata-rata kelas 72,52. 2) Kemampuan siswa menceritakan tokoh- tokoh pada masa Hindu- Budha siswa kelas V SDN Sembon 1 Kecamatan Karangrejo Kab.Tulungagung dengan pembelajaran menggunakan metode simposium yang didukung media fliptchart dengan pecahan sangat tinggi, dibuktikan dari rata-rata kelas 86,64. 3) Penggunaan metode simposium yang didukung media visual fliptchart memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menceritakan tokoh- tokoh dibuktikan dengan hasil analisis uji-t dengan menggunakan Independent t test t- hitung 5,540 t-tabel 2,011 taraf sig (5%)sehingga t-hitung> t-tabeldengandf 48dan sig.2-tailed diperoleh rhitung 0,000, rtabel 0,05 dengan taraf signifikan 5%, maka 0,000 <0,05 sehingga Ho ditolak. Kata Kunci : Metode Simposium, Media Visual Fliptchart.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI