PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) DI DUKUNG DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PETUNJUK UNTUK MELAKUKAN SESUATU ATAU PENJELASAN TENTANG CARA MEMBUAT SESUATU SISWA KELAS IV SDN SERANG II TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

FEBRIANA EKA KURNIAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0053

Abstract

ABSTRAK Febriana Eka Kurniawati: Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Di Dukung Dengan Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Petunjuk Untuk Melakukan Sesuatu Atau Penjelasan Tentang Cara Membuat Sesuatu Siswa Kelas IV SDN Serang II Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2016. Kata kunci :komunikatif, TTW, kemampuan, hasil belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa dari proses pembelajaran yang guru terapkan sebelumnya yaitu menggunakan sistem pembelajaran yang masih konvensional, dimana guru hanya memberikan materi dengan cara ceramah dan pemberian tugas dan latihan soal-soal saja. Hal ini nampak dari motivasi belajar siswa yang rendah, yang pada akhirnya hasil belajarnya juga rendah. Permasalahan peneliti ini adalah (1) Apakah Model TTW menggunakan media gambar berpengaruh untuk pembelajaran menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu atau penjelasan tentang cara membuat sesuatu siswa kelas IV SDN Serang II Tahun Ajaran 2015/2016? (2) Bagaimanakah Model TTW tanpa didukung media gambar berpengaruh untuk untuk pembelajaran menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu atau penjelasan tentang cara membuat sesuatu siswa kelas IV SDN Serang II Tahun Ajaran 2015/2016? (3) Adakah pengaruh hasil belajar siswa kelas IV SDN Serang II tahun 2015/2016 terhadap pembelajaran menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu atau penjelasan tentang cara membuat sesuatu antara siswa yang menggunakan model TTW di dukung dengan media gambar dengan siswa yang menggunakan model TTW tanpa di dukung dengan media gambar?. Penelitian ini menggunakan sistem observasi dengan subyek penelitian yaitu siswa kelas IV SDN Serang II. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa RPP, lembar observasi kegiatan siswa, kuesioner motivasi belajar dan tes hasil belajar siswa. Kesimpulan hasil peneliti ini adalah Penggunaan model TTW didukung dengan media gambar berpengaruh signifikan terhadap kemampuan kemampuan menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu atau penjelasan tentang cara membuat sesuatu siswa kelas IV SDN Serang II tahun ajaran 2015/2016. Yang semula sebelum diberi perlakuan (pretest) nilai rata-rata siswa 58.48 kemudian setelah diberi perlakuan (post test) nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 86.96. Dengan demikian model TTW didukung dengan media gambar berpengaruh terhadap peningkatan nilai rata-rata siswa hal ini berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa tabel analisis data di atas thitung lebih dari ttabel 5%, 18.331 lebih dari 2.056. maka hasilnya signifikan akibatnya Ho ditolak. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, guru masih perlu terus menerus meneliti untuk membuktikan apakah model TTW cocok untuk diterapkan dalam pelajaran Bahasa Indonesia pada semua materi.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI