PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN MENGKLASIFIKASI HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA PADA SISWA KELAS IV SDN GURAH I KECAMATAN GURAH KABUPATEN KEDIRI TAHUN 2015/2016


Author (Penulis)

SEPTIA PUTRI ANDRIASTIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0051

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi pembelajaran yang berpusat pada guru. Hal tersebut mengakibatkan kemampuan belajar mengklasifikasi hewan berdasarkan jenis makanan menjadi rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan model dan media pembelajaran yang tepat digunakan yaitu model NHT dan media gambar. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mengajukan 3 rumusan masalah yaitu (1)Apakah model NHT didukung media gambar berpengaruh terhadap kemampuan mengklasifikasi hewan berdasarkan jenis makanan pada siswa kelas IV SDN Gurah I Kec. Gurah Kab. Kediri Tahun 2015/2016? (2)Apakah model NHT tanpa didukung media gambar berpengaruh terhadap kemampuan mengklasifikasi hewan berdasarkan jenis makanan pada siswa kelas IV SDN Gurah I Kec. Gurah Kab. Kediri Tahun 2015/2016? (3)Apakah ada perbedaan pengaruh antara menggunakan model NHT didukung media gambar dibanding dengan model NHT tanpa didukung media gambar terhadap kemampuan mengklasifikasi hewan berdasarkan jenis makanan pada siswa kelas IV SDN Gurah I Kec. Gurah Kab. Kediri Tahun 2015/2016? Peneliti menggunakan teknik penelitian model True Experimental Design (Pretest-Postest Control Group Design). Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Gurah I Kec. Gurah Kab. Kediri. Tehnik pengumpulan data berupa tes, dengan menggunakan jenis penilaian tes tertulis. Analisis data yang digunakan adalah rumus uji t. Simpulan hasil penelitian adalah (1)Penggunaan model NHT didukung media gambar berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mengklasifikasi hewan berdasarkan jenis makanan pada siswa kelas IV SDN Gurah I Kec. Gurah Kab. Kediri Tahun 2015/2016, terbukti dengan tingginya harga thit(5,072)>ttab1%(2,860) dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 85,5%. (2)Penggunaan model NHT tanpa didukung media gambar berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mengklasifikasi hewan berdasarkan jenis makanan pada siswa kelas IV SDN Gurah I Kec. Gurah Kab. Kediri Tahun 2015/2016, terbukti dengan tingginya thit(3,562)>ttab1%(2,860) namun ketuntasan belajar klasikal hanya 41%. (3)Ada perbedaan pengaruh yang sangat signifikan antara penggunaan model NHT didukung media gambar dibanding model NHT tanpa didukung media gambar terhadap kemampuan mengklasifikasi hewan berdasarkan jenis makanan pada siswa kelas IV SDN Gurah I Kec. Gurah Kab. Kediri Tahun 2015/2016 dengan keunggulan pada penggunaan mdel NHT didukung media gambar terbukti dari thit(3,773)>ttab1%(2,707) dan hasil perbandingan nilai rerata kelompok eksperimen terbukti lebih besar dari nilai rerata kelompok kontrol.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI