pengaruh model treffinger terhadap kemampuan mendeskripsikan struktur bumi siswa kelas v SD Negeri Besole 1 kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2015/2016


Author (Penulis)

AANG DWI FEBRIANTORO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0046

Abstract

ABSTRAK AANG DWI FEBRIANTORO:Pengaruh Model Treffinger, Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Struktur Bumi Pada Kelas V SDN 1 Besole Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung. Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2016. Kata kunci :Model Treffinger, Struktur Bumi Peneltian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut membuat keberhasilan pembelajaran cenderung rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah model Treffinger berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan struktur bumi pada kelas V SDN 1 Besole Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung? (3) Apakah ada perbedaan pengaruh antara model Treffinger dibanding model Konvensional terhadap kemampuan mendeskripsikan struktur bumi pada siswa kelas V SDN 1 Besole Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung? Teknik penelitian ini menggunakan Eksperimen, dengan desain Nonrandomized control group pretes-postest desaign dan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN 1Besole Kabupaten Tulungagung yang terdiri dari 2 kelompok yaitu Eksperimen (25 anak) dan Kontrol (20 anak). Teknik pengumpulan data berupa tes dan instrumen untuk mengukur kemampuan siswa adalah soal pre-tes dan pos-tes yang dapat dianalisis dengan uji t. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan model pembelajaran Treffinger sangat berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan struktur bumi pada siswa kelas VA SDN 1 Besole Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung, terbukti dengan hasil t_h= 6,921>t_(t 1%) = 2,797 (dengan ketuntasan sebesar 84,6%) ; (2) Penggunaan model pembelajaran Konvensional sangat berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan struktur bumi pada siswa kelas VB SDN 1 Besole Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung, terbukti dengan hasil t_h= 3,888>t_(t 1%) = 2,861 (dengan ketuntasan 68,5%); (3) Ada perbedaan pengaruh antara model pembelajaran Treffinger dibanding model pembelajaran Konvensional sangat berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan struktur bumi pada siswa kelas VA dan VB SDN 1 Besole Kecamatan Besole Kabupaten Tulungagung, dengan hasil perhitungan t_h= 3,129>t_(t 1%) = 2,695 dengan keunggulan pada penggunaan model Treffinger. Hal ini terbukti dari rerata posttest kelompok eksperimen 81,80 lebih besar dibanding rerata posttest kelompok control 70,75.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI