PENGARUH METODE PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER DIDUKUNG MEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN MENDSKRIPSIKAN HASIL NGAMATAN TENTANG PENGARUH ENERGI PANAS GERAK DAN GETARAN PADA SISWA KELAS III SEMESTER II SDN CAMPUREJO II


Author (Penulis)

WENI RATNASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0041

Abstract

WENI RATNASARI: Pengaruh Metode Pembelajaran Numbered Heads Together Didukung Dengan Didukung Media Realia Terhadap Kemampuan Mendskripsikan Hasil Ngamatan Tentang Pengaruh Energi Panas Gerak Dan Getaran Pada Siswa Kelas III Semester II SDN Campurejo II, Skripsi, PGSD, FKIP, UNP Kediri 2016. Kata kunci : metode NHT, media realia, Kemampuan Mendeskripsikan Hasil Pengamatan Tentang Energi Panas Gerak dan Getaran. Banyak faktor yang mempengaruhi keberhasian dalam pembelajaran. Salah satunya adalah faktor dari guru dan siswa itu sendiri. Guru memiliki peran penting dalam menyampaikn materi pembelajaran dan menjdikan pebelajran lebih kreatif, inovatif, dan menyenangkan. Selain guru , siswa juga memiliki peran penyig dalam pembelajaran. Namun, masih bnyak siswa yang sibuk bermai sendiri saat pembelajaran, jika hal itu terus dilakukan maka siswa akan ketinggalan materi pelajaran ilmu pengetahuan alam. Utuk itu guru harus berkreasi dan berinovasi dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan metode, strategi dan media-media pembelajaran yang dapat menunjang mteri tersebut. Permasala penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan siswa dalam mendeskripsikan tentang pengaruh energi panas, gerak, dan getaran tanpa menggunakan metode Number Heads Together didukung media relia? (2) Bagaimana kemampuan siswa dalam mendeskripsikan tentang pengaruh energi panas, gerak, dan getaran tanpa menggunakan metode Number Heads Together didukung media relia? (3) Adakah perbedaan pengaruh terhadap kemampuan siswa dalam mendeskripsikan tentang pengaruh energi panas, gerak, dan getaran tanpa menggunakan metode Number Heads Together didukung media relia degan menggunakan metode Number Heads Together didukung media relia? Dalam penelitian ini subjek penelitian adalah siswaa kelas III SDN Campurejo II, denganjumlah masing-msing siswa 36. Penelitian ini enggunakan pendekatan kuantitatif. Pada kelas kontrol diperoleh rata-rata pretest dan postest yaitu 60,69 dan 72,50. Dan pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest dan postest 60,39 dan postest 82,06. Dengn demikian kemampuan siswa meningkat setelah tanpa menggunakan metode NHT didukung mdia realia denga metode NHT didukung media realia. Setelah dinalisis diperoleh t-hitung 5.973> t-tabel 1,994 (traf signifikan 5%). Dengan deikian maka terbukti bahwa “ada perubahan penggunaan metode NHT yang didukung media realia paada siswa kelas III SDN Campurejo II Kota Kediri Tahun jaran 2015-2016. Saran dari penelitian bagi guru sebagai pendidik harus berinovasi dan kreatif menggunakan metode, strategi, dn media pembelajaran. Ciptakan suasana pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan. Bagi peneliti selanjutnya dapat melanjutkan penelitian ini agar lebih baik dan bermanfaat bagi dunia pendidikan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI