PENGARUH MODEL JIGSAW DENGAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI WUJUD BENDA PADAT, CAIR, DAN GAS MEMPUNYAI SIFAT TERTENTU PADA SISWA KELAS IV SDN TEGOWANGI KEDIRI TAHUN AJARAN 2015-2016


Author (Penulis)

DWI DESI LUKITASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0039

Abstract

ABSTRAK DWI DESI LUKITASARI. Pengaruh model Jigsawdengan metode Demonstrasi terhadap kemampuan mengidentifikasi wujud benda padat, cair, dan gas memiliki sifat tertentu siswa kelas IV SDN Tegowangi Kabupaten Kediri Tahun 2015-2016, Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UN PGRI KEDIRI (Universitas Nusantara PGRI Kediri), 2016. Kata kunci : Model Jigsaw, Metode , Demonstrasi .Kemampuan mengidentifikasi wujud benda padat, cair, dan gas memiliki sifat tertentu. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti pembelajaran IPA di kelas IV masih dilakukan secara konvensional. Metode yang digunakan masih dengan metode ceramah, yaitu siswa hanya mendengarkan pada saat guru sedang menjelaskan, proses pembelajaran hanya berpusat pada guru. Proses pembelajaran masih berpusat pada konsep yang tertulis di buku, sehingga siswa cenderung hanya menghafal konsep bukan memahami konsep Tujuan penelitian ini adalah 1)untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengidentifikasi wujud benda padat, cair, dan gas memiliki sifat tertentu sebelum menggunakan model jigsaw dengan metode demonstrasi siswa kelas IV SDN Tegowangi 2)untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengidentifikasi wujud benda padat, cair, dan gas memiliki sifat tertentu setelah menggunakan model jigsaw dengan metode demonstrasi siswa kelas IV SDN Tegowangi 3)untuk mengetahui pengaruh penggunakan model Jigsaw dengan metode Demonstrasi terhadap kemampuan siswa dalam mengidentifikasi wujud benda padat, cair, dan gas memiliki sifat tertentu pada siswa kelas IV SDN Tegowangi Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SDN Tegowangi yang mendapatkan perlakuan. Berdasarkan hasil analisis data: (1) Kemampuan mengidentifikasi wujud benda padat, cair, gas memiliki sifat tertentu sebelum menggunakan model jigsaw dengan metode demonstrasi cenderung rendah atau kurang dari KKM yaitu 65,45 dengan KKM 75. (2) Kemampuan mengidentifikasi wujud benda padat, cair, gas memiliki sifat tertentu setelah menggunakan model jigsaw dengan metode demonstrasi cenderung meningkat atau lebih dari KKM yaitu 84,27 dengan KKM 75. (3) Ada pengaruh yang sangat signifikan dari penerapan model jigsaw dengan metode demonstrasi dimana nilai t-hitung 8,22 > t-tabel 2,08. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang sangat signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi wujud benda padat, cair, dan gas memiliki sifat tertentu sebelum dan sesudah menggunakan model jigsaw dengan metode demonstrasi pada siswa kelas IV SDN Tegowangi.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI