PENGARUH MODEL STAD DIDUKUNG MEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN GAYA MENGUBAH GERAK SUATU BENDA PADA KELAS IV SDN PANDANSARI KECAMATAN PURWOASRI KABUPATEN KEDIRI TAHUN 2015/2016
Author (Penulis)
OKYVIANY QURRATUNISA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0038
Abstract
PENGARUH MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DIDUKUNG MEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN GAYA DAPAT MENGUBAH GERAK SUATU BENDA PADA SISWA KELAS IV SDN PANDANSARI KECAMATAN PURWOASRI KABUPATEN KEDIRI
OKYVIANY QURRATUNISA
NPM.12.1.01.10.0038
FKIP – PGSD
Drs. Bambang Soenarko, M.Pd 1 dan Drs. Yatmin, M.Pd 2
Email: okyviany@gmail.com
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih banyak guru yang menggunakan metode konvensional. Kondisi tersebut menjadikan minat belajar siswa rendah yang berakibat pada rendahnya prestasi belajar siswa. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalh dibutuhkan model pembelajaran dan media yang tepat untuk digunakan yaitu model STAD dan media realia.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah Model Student Team Achievement Division (STAD) didukung media Realia berpengaruh terhadap kemampuan Mendeskripsikan gaya mengubah gerak suatu benda kelas IV SDN Pandansari 1 Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri tahun ajaran 2016/2017? (2) Apakah Model Student Team Achievement Division (STAD) tanpa didukung media Realia berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan gaya mengubah gerak suatu benda kelas IV SDN Pandansari 1 Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri tahun ajaran 2016/2017? (3)Apakah ada perbedaan pengaruh antara menggunakan Model Student Team Achievement Division (STAD) didukung media Realia dibanding dengan Student Team Achievement Division (STAD) tanpa di dukung media Realia terhadap Mendeskripsikan gaya mengubah gerak suatu benda kelas IV SDN Pandansari 1 Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri tahun ajaran 2016/2017 ?
Peneliti ini menggunakan teknik penelitian Eksperimental dengan posttest-Only Control Design dan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas IV SDN Pandansari Kec. Purwoasri Kabupaten Kediri yang berjumlah 50 sisa. Penelitian ini digunakan 2 kelompok yaitu kelompok IV A sebagai kelompok eksperimen menggunakn model pembelajaran STAD didukung media realia dan kelompok IV B sebagai kelompok kontrol dengan menggunakan model STAD tanpa didukung media realia. Data-data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan t-tes.
Hasil temuan penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Penggunaan model STAD didukung media Realia berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan gaya dapat mengubah gerak benda pada siswa kelas IV SDN Pandansari Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri tahun ajaran 2015/2016, hal ini terbukti harga thitung (5,125) > ttabel 1% (2,492) dengan ketuntasan mencapai 86,6% (2) Penggunaan model STAD tanpa didukung media realia berpengaruh terhadap kemampuan mendskripsikan gaya dapat mengubah gerak suatu benda pada siswa kelas IV SDN Pandansari Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri tahun ajaran 2015/2016,hal ini terbukti thitung (3,757) > ttabel 1%(2, 492) dengan ketuntasan klasikal 44,8% (3) Ada perbedaan pengaruh penggunaan model STAD didukung media Realia model STAD pada siswa kelas IV SDN Pandansari Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri tahun ajaran 2015/2016. Hal ini terbukti harga thitung (5,125) > ttabel 1% (2,492) dengan keunggulan pada penggunaan model STAD didukung media realia yang dibuktikan dari rata-rata postest kelompok eksperimen 86,24 lebih besar dari nilai rerata postest pada kelompok kontrol 73.
Kata Kunci : Model STAD , media realia, gaya dapat merubah gerak suatu benda, kemampuan mendeskripsikan.