PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI PERISTIWA ALAM YANG TERJADI DI INDONESIA DAN DAMPAKNYA BAGI MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN 2015/2016.


Author (Penulis)

IMROATIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0037

Abstract

Abstrak Imroatin: Pengaruh media audio visual dalam model PBM terhadap kemampuan mengidentifikasi peristiwa alam dan dampaknya bagi makhluk hidup dan Lingkungan siswa kelas V Sekolah Dasar Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek Tahun 2015/2016, Skripsi, PGSD, FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan kegiatan pembelajaran IPA materi mengidentifikasi peristiwa alam dan dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan di SD kelas V yang masih didominasi oleh peran guru yang belum menggunakan media pembelajaran. Pembelajaran tersebut kurang menarik hal ini menyebabkan siswa merasa jenuh, bosan, serta enggan untuk mengikuti pelajaran. Akibatnya, pemahaman siswa terhadap materi tersebut juga sangat rendah. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan tanpa media audio visual dalam model pembelajaran berbasis masalah (PBM). (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan dengan media audio visual dalam model pembelajaran berbasis masalah (PBM). (3) Untuk menjelaskan signifikan pengaruh penggunakan media audio visual dalam model pembelajaran berbasis masalah (PBM) terhadap kemampuan mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu bentuk Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest design dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Besuki. Penelitian ini diadakan di SDN 1 Besuki sebagai kelas kontrol dan di SDN 4 Besuki sebagai kelas eksperimen. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan tanpa media audio visual dalam model pembelajaran berbasis masalah (PBM) dengan nilai rata-rata 73,4. (2) Kemampuan mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan dengan menggunakan media audio visual dalam model pembelajaran berbasis masalah (PBM) dengan nilai rata-rata 82,2 (3) Terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran dengan menggunakan media audio visual dalam model pembelajaran berbasis masalah (PBM) didukung terhadap kemampuan mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan diketahui bahwa t hitung > t tabel yaitu 10,86 > 2,407. Kata kunci: media audio visual, model pembelajaran berbasis masalah, kemampuan mengidentifikasi peristiwa alam.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI