PENGARUH MODEL NUMBER HEAD TOGETHER DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN MENGENAL PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI, DAN TRANSPORTASI SERTA PENGALAMAN MENGGUNAKANNYA PADA SISWA KELAS IV SDN MRICAN IV TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

MUHAMMAD RENDY AMANU RAMADHAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0036

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan yang dilakukan peneliti, bahwa pembelajaran IPS pada kelas IVA dan kelas IVB di SDN Mrican IV masih menggunakan metode ceramah non interaktif. Proses pembelajaran yang dilakukan guru selalu menekankan pada sistem hafalan materi pelajaran dan sumber belajar yang kurang menarik. Hal tersebut mengakibatkan nilai siswa menjadi kurang memuaskan. Permalasahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana keaktifan dan kemampuan mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta pengalaman menggunakannya dengan menggunakan model pembelajaran Number Head Together tanpa didukung media gambar pada siswa kelas IV SDN Mrican IV tahun ajaran 2015/2016? (2) Bagaimana keaktifan dan kemampuan mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta pengalaman menggunakannya dengan menggunakan model pembelajaran Number Head Together didukung media gambar pada siswa kelas IV SDN Mrican IV tahun ajaran 2015/2016? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran didukung media gambar terhadap keaktifan dan kemampuan siswa dalam mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta pengalaman menggunakannya pada siswa kelas IV SDN Mrican IV tahun ajaran 2015/2016? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Mrican IV. Penelitian menggunakan instrumen berupa RPP dan tes kemampuan kognitif hasil belajar siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) kekaktifan dan kemampuan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Number Head Together tanpa didukung media gambar dengan nilai keaktifan terdapat 3 siswa memperoleh nilai A, 11 siswa memperoleh nilai B, dan 7 siswa memperoleh nilai C. Sedangkan posttest nilai rata-rata kelas kontrol sama dengan KKM yaitu 75,05 dengan sig. (2-tailed) adalah .980. (2) keaktifan dan kemampuan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Number Head Together didukung media gambar dengan nilai keaktifan terdapat 16 siswa memperoleh nilai A, 5 siswa memperoleh nilai B, dan tidak ada siswa yang mendapat nilai C nilai rata-rata 91.43 dan sig. (2-tailed) > 5%, yaitu sebesar .000. (3) Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Number Head Together didukung media gambar terhadap keaktifan dan kemampuan dengan sig. (2-tailed) < 5%, yaitu sebesar .000.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI