PENGARUH MEDIA NYATA DALAM METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING LEARNING (PSL) TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH YANG BERKAITAN DENGAN KELILING DAN LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG SISWA KELAS III SDN BANGSAL I KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

MELISA FITRIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0035

Abstract

MELISA FITRIANI: Pengaruh Media Nyata Dalam Metode Pembelajaran Problem Solving Learning (PSL) terhadap Kemampuan Menyelesaikan Masalah Yang Berkaitan Dengan Keliling dan Luas Persegi dan Persegi Panjang Siswa Kelas III SDN Bangsal I Kediri Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan media Nyata dan metode pembelajaran Problem Solving Learning, siswa diajak untuk berfikir secara real atau nyata dan dilatih bertanggung jawab atas ketuntasan materi yang diajarkan. Penerapan metode pembelajaran Problem Solving Learning itu dapat berjalan maksimal dengan didukung oleh media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas persegi dan persegi panjang siswa kelas III dengan menerapkan media Nyata dalam metode pembelajaran Problem Solving Learning (PSL) di SDN Bangsal I Kediri. (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas persegi dan persegi panjang siswa kelas III dengan tanpa menerapkan media Nyata dalam metode pembelajaran Problem Solving Learning (PSL) di SDN Bangsal I Kediri. (3) Untuk mengetahui tingkat signifikan pengaruh penggunaan media Nyata dalam metode pembelajaran Problem Solving Learning (PSL) terhadap kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas persegi dan persegi panjang siswa kelas III SDN Bangsal I Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian Quasi Eksperimental Design. Teknik pengumpulan data dan instrumennya adalah RPP dan tes yang telah divalidasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial dengan menggunakan uji-T pada taraf signifikan 5%. Simpulan penelitian ini adalah: (1) Kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas persegi dan persegi panjang siswa kelas III dengan menerapkan media Nyata dalam metode pembelajaran Problem Solving Learning (PSL) sudah baik karena seluruh siswa telah tuntas dalam pembelajaran dengan nilai di atas KKM yang ditentukan yaitu 75 dan mendapat nilai rata-rata 83,8. (2) Kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas persegi dan persegi panjang siswa kelas III dengan tanpa menerapkan media Nyata dalam metode pembelajaran Problem Solving Learning (PSL) masih berada di bawah nilai KKM yang ditentukan yaitu 75 dan mendapat nilai rata-rata 74,39. (3) Ada pengaruh signifikan penggunaan media Nyata dalam metode pembelajaran Problem Solving Learning (PSL) terhadap kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas persegi dan persegi panjang siswa kelas III dengan hasil t_hitung 0,2582 ? t_tabel 0,23 dengan taraf signifikan 5%, maka signifikan, akibatnya H_o ditolak. Kata Kunci : Problem Solving Learning (PSL), Media Nyata, Keliling dan Luas Persegi dan Persegi Panjang.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI