PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING DIDUKUNG MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN BERBAGAI PENYEBAB PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK PADA SISWA KELAS IV SDN SUMENGKO 4 KABUPATEN NGANJUK TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

ERLIZA HARYATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0033

Abstract

ABSTRAK ERLIZA HARYATI: Pengaruh Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving Didukung Media Flashcard Terhadap Kemampuan Medeskripsikan Berbagai Penyebab Perubahan Lingkungan Fisik Pada Siswa Kelas IV SDN Sumengko 4 Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016/2017. Kata Kunci: Double Loop Problem Solving, Media Flashcard, Kemampuan Medeskripsikan Berbagai Penyebab Perubahan Lingkungan Fisik. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh aktifitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut Nampak dari hasil belajar siswa yang rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah model pembelajaran Osborn Parne terhadap kemampuan mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik? (2) Bagaimanakah model pembelajaran double loop problem solving terhadap kemampuan mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik?(3)Adakah pengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik setelah diterapkannya double loop problem solving? Teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sumengko 4 Nganjuk dan kelas IV SDN Blitaran 2 Nganjuk.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tulis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistic inferensial dengan menggunakan one sample t-test dan independent sample t-test. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa nilai keseluruhan rata-rata model pembelajaran Osborn Parne (70,48) dan rata-rata model pembelajaran Double Loop Problem Solving (91,29).Artinya ada pengaruh penggunaan model pembelajaran double loop problem solving. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Mampu mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik dengan model pembelajaran Osborn Parne.(2) Mampu mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik dengan model pembelajaran double loop problem solving. (3) Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran double loop problem solving terhadap kemampuan mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI