PENGARUH MODEL RME (REALISTIC MATEMATIC EDUCATION) DI DUKUNG DENGAN MEDIA TIGA DIMENSI TERHADAP KEMAMPUAN MENENTUKAN JARING-JARING BALOK DAN KUBUS SISWA KELAS IV SD NEGERI SAMAR KECAMATAN PAGERWOJO KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015-2016
Author (Penulis)
ETTYK FERLIYASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0032
Abstract
Abstrak
Ettyk Ferliyasari : Pengaruh Model RME (Realistic Matematic Education) didukung dengan media tiga dimensi terhadap kemampuan menentukan jaring-jaring balok dan kubus pada siswa kelas IV SDN Samar Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2015-2016, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2016.
Kata Kunci : Model RME (Realistic Matematic Education) didukung dengan media tiga dimensi, menentukan jaring-jaring balok dan kubus.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar yang dilaksanakan sebagian besar masih berpusat pada guru. Siswa hanya berperan pasif mendengarkan penjelasan guru sehingga suasana kelas menjadi tidak aktif dan membosankan. Hal tersebut terlihat dalam kemampuan siswa dalam memahami materi yang sudah disampaikan oleh guru belum maksimal.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan siswa dalam menentukan jaring-jaring balok dan kubus sebelum diberikan model RME didukung dengan media tiga dimensi pada siswa kelas IV SDN 3 Samar?(2) Bagaimana kemampuan siswa dalam menentukan jaring-jaring balok dan kubus sesudah diberikan model RME didukung media tiga dimensi pada kelas IV SDN 1 Samar?(3)Adakah perbedaan kemampuan dalam menentukan jarring-jaring balok dan kubus sebelum diberikan model RME didukung dengan media tiga dimensi dan sesudah diberikan model RME didukung dengan media tiga dimensi?
Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Pretest-posttes Control Group Design dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Subyek penelitian yaitu, seluruh siswa kelas IV SDN 1 dan 3 Samar Kec, Pagerwojo Kab. Tulungagung yang berjumlah 40siswa. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas IV SDN 1 Samar sebagai kelas eksperimen dengan sesudah diberikan model RME didukung media tiga dimensi dan kelas IV SDN 3 Samar sebagai kelas kontrol sebelum diberikan model RME didukung media tiga dimensi dalam menentukan jaring-jaring balok dan kubus.
Berdasarkan hasil analis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : (1) Sebelum diberikan model RME didukung media tiga dimensi sangat berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menentukan jaring-jaring balok dan kubus, hal ini tebukti dari nilai thitung (6.307)>ttabel (0.575) pada taraf signifikan 1%. (2) Sesudah diberikan model RME didukung media tiga dimensi berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan menentukan jaring-jaring balok dan kubus, hal ini tebukti dari nilai thitung (10.327)>ttabel (0,575) pada taraf signifikan1%. (3) Terdapat perbedaan pengaruh sangat signifikan sesudah diberikanya model RME didukung media tiga dimensi dibandingkan sebelum diberikanya model RME didukung media tiga dimensi dalam kemampuan menentukan jaring-jaring balok dan kubus pada siswa kelas IV SDN 1 dan 3 Samar Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagungng. Hal ini terbukti dari nilaithitung (6.487) >ttabel (0.413) padataraf signifikan 1%.