STUDI KOMPARATIF PENGGUNAAN METODE KONVENSIONAL DENGAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH YANG BERKAITAN DENGAN PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD MAMBAUL HISAN KECAMATAN NGADILUWIH KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2015-2016


Author (Penulis)

AWIT DWIYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0030

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran Matematika di SD didominasi oleh metode Konvensional dari guru, siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Akibatnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran kurang mendalam, sehingga hasil belajar mereka cenderung masih rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah pengunaan metode konvensional berpengaruh terhadap kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pecahan pada siswa kelas IV SD Mambaul Hisan Kec. Ngadiluwih Kab. Kediri tahun 2016 ? (2) Apakah penggunaan metode Problem Solving berpengaruh terhadap kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pecahan pada siswa kelas IV SD Mambaul Hisan Kec. Ngadiluwih Kab. Kediri tahun 2016 ? (3) Adakah ada perbedaan pengaruh antara Konvensional dibanding metode problem solving terhadap kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pecahan pada siswa kelas IV SD Mambaul Hisan Kec. Ngadiluwih Kab. Kediri tahun 2016? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik eksperimen. Desain yang digunakan adalah “Nonrandomized Control Group Pretest-Postest Desaign” Penelitian dilakukan pada dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa perangkat pembelajaran dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis dengan menggunakan t-test. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) penggunaan metode konvensional berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pecahan dengan hasil perhitungan (13,964) > t tabel 1% (2,756) dan ketuntasan mencapai 75%. (2) penggunaan metode problem solving berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pecahan (19,635) > 1% (2,756) dan ketuntasan mencapai 85%. (3) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode konvensional terhadap kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pecahan pada siswa kelas IV SD Mambaul Hisan kec. Ngadiluwih kab. Kediri, dengan keunggulan pada metode problem solving dibanding konvensional, dengan hasil perhitungan t-test, t-hitung (4,319) > t tabel 1% (2,660). Dan uji perbandingan antara rata-rata post test kelompok eksperimen 83,50 > dari rata-rata post test kelompok kontrol 67,16. Kata Kunci: Metode Problem Solving, kemampuan menyelesaikan masalah

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI