pengaruh model open ended didukung media visual terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas IV SDN Sekarputih Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk tahun 2016-2017


Author (Penulis)

DEWI MEDIANTARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0028

Abstract

Dewi Mediantari: Pengaruh Model Open Ended didukung Media Visual Terhadap Kemampuan Menggolongkan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Pada Siswa Kelas IV SDN Sekarputih Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk. Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2017. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pegamatan peneliti, bahwa kebanyakan guru masih menggunakan metode ceramah yang kurang mampu mengaktifkan siswa. Sehingga aktifitas siswa hanya terpaku pada penjelasan guru. Hal tersebut dapat dilihat dari pencapaian KKM SDN Sekarputih yang masih tergolong rendah yaitu dari 40 siswa yang mencapai KKM 35% dan sisanya 65% belum mencapai KKM. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah model Open Ended didukung media visual berpengaruh terhadap kemampuan Menggolongkan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya pada siswa kelas IV SDN Sekarputih Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk tahun 2016/2017? (2) Apakah model Open Ended tanpa didukung media visual berpengaruh terhadap kemampuan Menggolongkan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya pada siswa kelas IV SDN Sekarputih Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk tahun 2016/2017?(3) Apakah ada perbedaan pengaruh antara menggunakan model Open Ended didukung media visual dibanding dengan model Open Ended tanpa didukung media audio visual terhadap kemampuan Menggolongkan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya pada siswa kelas IV SDN Sekarputih Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk tahun 2016/2017? Penelitian ini menggunakan teknik Eksperimen, dengan desain Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest Desaign dan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian siswa SDN Sekarputih kelas IV-A dan kelas IV-B Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk yang terdiri dari kelas IV-A dengan jumlah 20 siswa (kelompok eksperimen) dan kelas IV-B dengan jumlah 20 siswa (kelompok kontrol) yang ditentukan dengan nonrandom sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes dan instrumen untuk mengukur kemampuan siswa adalah pre-test dan post-test yang dapat dianalisis dengan uji t. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan model open ended didukung media visual berpengaruh terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas IV SDN Sekarputih Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk, hal ini terbukti dari th = 5,774 > tt 1%= 2,861 (dengan ketuntasan klasikal sebesar 86,5%); (2) Penggunaan model open ended tanpa didukung media visual berpengaruh terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas IV SDN Sekarputih Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk, hal ini terbukti dari th = 3,975 > tt 1%= 2,861 (dengan ketuntasan klasikal 32,5%); (3) Terdapat perbedaan pengaruh antara penggunaan model open ended didukung media visual dibanding model open ended tanpa didukung media visual terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas IV SDN Sekarputih Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk, dengan keunggulan pada model open ended didukung media visual terbukti dengan hasil th = 4,070 > tt1% = 2,704. Keunggulan model open ended didukung media visual terbukti dari rerata posttest kelompok eksperimen 86,00 lebih besar dibanding rerata posttest kelompok kontrol 72,50. Kata kunci: Model Open Ended, media visual, menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 06 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI