PENGARUH MODEL TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DI DUKUNG MEDIA NYATA DALAM KEGIATAN PRATIKUM TERHADAP KEMAMPUAN MEMBEDAKAN BENDA TEMBUS CAHAYA DAN TIDAK TEMBUS CAHAYA PADA KELAS V SDN KEPUNG 2 TAHUN 2015/2016


Author (Penulis)

WAHYU SETIAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar masih didominasi oleh pembelajaran yang berpusat pada guru.Akibatnya suasana kelas menjadi monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut terlihat pada kemampuan siswa dalam memahami materi yang diberikan oleh guru belum maksimal. Permasalahan penelitian ini adalah (1)Bagaimana kemampuan membedakan benda tembus cahaya dan tidak tembus cahaya menggunakan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) tanpa didukung media nyata pada siswa kelas V SDN KEPUNG 2 Tahun 2015/2016? (2) Bagaimana kemampuan membedakan benda tembus cahaya dan tidak tembus cahaya menggunakan model TGT (Teams Games Tournament ) didukung media nyata kelas V SDN KEPUNG 2 Tahun 2015/2016 ? (3) Apakah ada pengaruh penggunaan model TGT (Teams Games Tournament) didukung media nyata terhadap kemampuan membedakan benda tembus cahaya dan tidak tembus cahaya kelas V SDN KEPUNG 2 Tahun 2015/2016? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Kepung 2. Teknik pengumpulan data berupa tes,dengan menggunakan soal uraian.Analisis data yang digunakan adalah uji-t menggunakan program SPSS 16 for windows. Simpulan hasil penelitian ini adalah: (1) Kemampuan menjelaskan membedakan benda tembus cahaya dan tidak tembus cahaya yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat menggunakan model pembelajaran TGTtanpa didukung media nyata siswa kelas V SD Negeri Kepung 2 Kabupaten Kediri Tahun pelajaran 2015/2016 dinyatakan kurang menguasai. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata siswa adalah kurang dari KKM (70) yaitu 63,70. (2) Kemampuan menjelaskan membedakan benda tembus cahaya dan tidak tembus cahaya dengan menggunakan model pembelajaran TGTdidukung media nyata siswa kelas V SD Negeri Kepung 2 Tahun pelajaran 2015/2016 dinyatakan menguasai atau Berhasil Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata siswa adalah lebih dari KKM (70) yaitu 82,99. (3) Ada perbedaan pengaruh penggunaan model TGT (Teams Games Tournament) didukung media nyata terhadap kemampuan anak membedakan benda tembus cahaya dan tidak tembus cahaya pada kelas V SDN Kepung 2 dibandingkan dengan model TGT (Teams Games Tournament) tanpa didukung media. Hal ini dapat dilihat dari hasil perolehan thitung dan ttabel (6,804 > 1,685).

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI