PENGARUH MODEL COURSE REVIEW HORAY TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PERHITUNGAN TERMASUK YANG BERKAITAN DENGAN UANG PADA SISWA KELAS III SDN PEHWETAN 1


Author (Penulis)

KHALID MULYA SATRIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0017

Abstract

ABSTRAK KHALID MULYA SATRIA : Pengaruh Model Course Review Horay terhadap kemampuan memecahkan masalah perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang pada siswa kelas III SDN Pehwetan 1, Skripsi, PGSD,FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Kata Kunci: Model Course Review Horay, memecahkan masalah perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar masih didominasi cara pembelajaran konvesional. Kondisi tersebut menjadikan minat belajar siswa rendah yang berakibat pada rendahnya prestasi belajar siswa. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan model pembelajaran yang tepat digunakan yaitu model Course Review Horay. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah model course review horay terhadap kemampuan memecahkan masalah perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang pada siswa kelas III SDN Pehwetan 1 tahun ajaran 2015/2016? (2) Bagaimanakah pengaruh tanpa menggunakan model course review horay mempengaruhi terhadap kemampuan memecahkan masalah perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang pada kelas III SDN Pehwetan 1 tahun ajaran 2015/2016? (3) Apakah ada perbedaan antara menggunakan model course review horay disbanding dengan tanpa menggunakan model course review horay terhadap peningkatan kemampuan memecahkan masalah perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang kelas III SDN Pehweatan 1 tahun ajaran 2015/2016? Tujuan penelitian ini adalah siswa menjadi lebih tertarik terhadap pembelajaran matematika, sehingga akan meningkatkan hasil belajar dan peran aktif siswa dan dapat memicu semangat siswa berkompetisi dengan teman-temanya. Penelitian ini menggunakan teknik (Non randomized Control Group Pretest-Postest Design) serta menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian 24 siswa kelas III SDN Pehwetan 1. Teknik pengumpulan data berupa tes dan instrumennya berupa soal uraian. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif dan analisis infersial dengan menggunkan uji-t pada taraf signifikan 5%. Kesimpulan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan pengaruh yang sangat signifikan antara menggunakan model course review horay dibanding dengan tanpa menggunakan model course review horay. Dengan nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih besar dari pada kelompok kontrol (88,33 > 54,67). Artinya terdapat perbedaan pengaruh yang sangat signifikan antara menggunakan model Course review horay dibanding dengan tanpa menggunakan model Course review horay terhadap peningkatan kemampuan memecahkan masalah perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang kelas III SDN Pehwetan 1 tahun ajaran 2015/2016.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI