PENGARUH MODEL MIND MAPPING DIDUKUNG MEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI JENIS-JENIS TANAH PADA SISWA KELAS V SDN 3 BUNGUR KECAMATAN KARANGREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

NINING CHOLIFATUS SUSANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0016

Abstract

ABSTRAK Nining Cholifatus Susanti : Pengaruh Model Mind mapping Didukung Media realia Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Jenis-jenis Tanah Pada Siswa Kelas V SDN 3 Bungur, Tahun Pelajaran 2015/2016, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2016. Kata kunci: Model Mind Mapping , Media Realia , Mengidentifikasi Jenis-jenis Tanah, Hasil Belajar Siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih banyak guru yang menggunakan metode konvensional sehingga kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Guru hanya mengandalkan buku pegangannya hal inilah yang membuat minat dan motivasi belajar siswa menjadi berkurang, padahal pembelajaran IPA akan lebih menarik jika dilakukan dengan cara mind mapping dengan didukung media realia. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan mengidentifikasi Jenis-jenis tanah tanpa menggunakan model pembelajaran mind mapping didukung media realia pada siswa kelas V SDN 3 Bungur? (2) Bagaimana kemampuan mengidentifikasi Jenis-jenis tanah dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping dengan didukung media realia pada siswa kelas V SDN 3 Bungur? (3) Apakah ada perbedaan pengaruh dalam mengidentifikasi mengidentifikasi jenis-jenis tanah pada siswa kelas V SDN 3 Bungur? Jenis penelitian berupa skripsi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk memudahkan dalam menafsirkan atau menganalisis data-data yang diperoleh, karena itu besaran faktor-faktor yang diteliti dinyatakan dengan angka-angka, untuk kemudian dianalisis menggunakan statistika dan subyek penelitian diterapkan pada siswa kelas V SDN 3 Bungur. Penelitian dilaksanakan dengan 2 kelas yaitu dengan kelas eksperimen dan kelas kontrol, menggunakan instrumen berupa silabus dan RPP, dan tes hasil belajar siswa berupa tes tulis. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanah tanpa menggunakan model mind mapping didukung media realia pada siswa kelas V SDN 3 Bungur, belum mampu memenuhi KKM, terbukti dari hasil nilai rata-rata siswa yaitu: 64. (2) Kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanah dengan menggunakan model mind mapping didukung media realia pada siswa kelas V SDN 3 Bungur, sudah bisa memenuhi KKM, terbukti dari hasil nilai rata-rata siswa yaitu: 89. (3) Terdapat pengaruh penerapan model mind mapping tanpa media realia terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanah pada siswa kelas V SDN 3 Bungur dan perhitungan nilai rata-rata postest pada kelas eksperimen (V A) lebih tinggi yakni 89.3662 dari pada nilai rata-rata posttest pada kelas kontrol (V B) yakni 64.0476.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI