PENGARUH METODE EKSPERIMEN DIDUKUNG MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MELAKUKAN PERCOBAAN BENDA MAGNET SISWA KELAS V SDN WONODADI KABUPATEN PONOROGO TAHUN 2015-2016


Author (Penulis)

SRI CATURASIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0015

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti pembelajaran IPA di kelas V masih dilakukan secara konvensional. Metode yang digunakan masih dengan metode ceramah, yaitu siswa hanya mendengarkan pada saat guru sedang menjelaskan, proses pembelajaran hanya berpusat pada guru. Proses pembelajaran masih berpusat pada konsep yang tertulis di buku, sehingga siswa cenderung hanya menghafal konsep bukan memahami konsep. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui apakah pengetahuan siswa kelas V SDN Wonodadi tentang melakukan percobaan benda magnet dan non magnet menggunakan metode Eksperimen didukung media Audio Visual. 2) untuk mengetahui apakah pengetahuan siswa kelas V SDN Wonodadi tentang melakukan percobaan benda magnet dan non magnet dengan menggunakan metode Eksperimen tanpa didukung media Audio Visual. 3) Untuk mengetahui adakah pengaruh metode Eksperimen didukung media audio visual terhadap kemampuan melakukan percobaan benda magnet dan non magnet siswa kelas V SDN Wonodadi Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini menggnuakan pendekatan kuantitatif, subjek penelitian yaitu siswa kelas V SDN 2 Wonodadi yang mendapatkan perlakuan (kelas eksperimen) dan kelas V SDN 3 Wonodadi yang tidak mendapatkan perlakuan (kelas kontrol). Berdasarkan hasil analisis data: (1) Metode Eksperimen didukung media Audio Visual berpengaruh signifikan terhadap kemampuan melakukan percobaan benda magnet dan non magnet pada siswa kelas V SDN 2 dengan ketuntasan klasikal 92 %. (2) Metode Eksperimen tanpa didukung media Audio Visual berpengaruh signifikan terhadap kemampuan melakukan percobaan benda magnet dan non magnet pada siswa kelas V SDN 3 Wonodadi dengan ketuntasan klasikal 36 %. (3) Hasil uji ketuntasan didapatkan 84,60>70,60 artinya terdapat perbedaan yang signifikan. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kemampuan melakukan percobaan benda magnet dan non magnet antara menggunakan metode Eksperimen didukung media Audio Visual dan menggunakan metode Eksperimen tanpa didukung media Audio Visual pada siswa kelas V SDN 2 dan 3 Wonodadi. Kata kunci : Metode Eksperimen, Media ,Audio Visual. Kemampuan melakukan percobaan benda magnet dan non magnet

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI