PENGARUH METODE EKSPOSITORI DIDUKUNG MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI AKTIVITAS EKONOMI PADA SISWA KELAS IV SDN BESUKI KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

YURIK APRILIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0010

Abstract

Abstrak Yurik Aprilia: Pengaruh metode ekspositori didukung media audio visual terhadap kemampuan mengidentifikasi aktivitas ekonomi siswa kelas IV SDN Besuki Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek, Skripsi, PGSD, FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan kegiatan pembelajaran IPS di SD kelas IV Yang masih didominasi oleh peran guru.Pembelajaran tersebut kurang menarik hal ini menyebabkan siswa merasa jenuh, bosan, serta enggan mengikuti pelajaran.Akibatnya, pemahaman siswa terhadap materi tersebut juga sangat rendah.Permasalahan penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh penggunaan metode ekspositori didukung media audio visual terhadap kemampuan mengidentifikasi aktivitas ekonomi? (2) Adakah pengaruh penggunaan metode ekspositori tanpa didukung media audio visual terhadap kemampuan mengidentifikasi aktivitas ekonomi? (3) Adakah perbedaan pengaruh menggunakan metode ekspositori didukung media audio visual dibanding metode ekspositori tanpa didukung media audio visual terhadap kemampuan mengidentifikasi aktivitas ekonomi?. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest Design. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Besuki Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek Tahun Ajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data berupa tes. Analisis data yang digunakan adalah rumus uji t. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Metode ekspositori didukung media audio visual berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi aktivitas ekonomi pada siswa kelas IV SDN Besuki Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek Tahun 2015/2016 dengan ketuntasan klasikal 100%, hal ini terbukti dengan tingginya harga t_hitung= 16,314>t_tabel 1% yaitu 2,807. (2) Metode ekspositori tanpa didukung media audio visual pada siswa kelas IV SDN Besuki Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek Tahun 2015/2016 dengan ketuntasan klasikal 72,8%, hal ini terbukti dengan tingginya harga t_hitung= 11,519>t_tabel 1% yaitu 2,807. (3) ada perbedaan pengaruh menggunakan metode ekspositori didukung media audio visual dibanding metode ekspositori tanpa didukung media audio visual terhadap kemampuan mengidentifikasi aktivitas ekonomi pada siswa kelas IV SDN Besuki Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek Tahun 2015/2016 dengan keunggulan pada pengaruh metode ekspositori didukung media audio visual. Hal ini terbukti dari harga t_hitung= 4,503>t_tabel 1% yaitu 2,687 dengan X ? kelompok eksperimen 83,75>X ? kelompok kontrol 75,21. Kata kunci: metode ekspositori, media audio visual, mengidentifikasi aktivitas ekonomi.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI