PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI ENERGI ALTERNATIF DAN CARA PENGGUNAANNYA PADA SISWA KELAS IV SDN JATIREJO KECAMATAN BANYAKAN TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

RATNA FITRIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0009

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti,bahwa pembelajaran yang dilaksanakan didominasi oleh peran guru menggunakan metode ceramah. Bertolak dari keadaan tersebut peneliti menggunakan model pembelajaran example non example pada pembelajaran IPA dengan tujuan mengetahui dan meningkatkan hasil belajar materi energi alternatif menggunakan model pembelajaran example non example. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengaruh model pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar materi energi alternatif dan cara penggunaannya pada siswa kelas IV A? (2) Bagaimana pengaruh model pembelajaran example non example terhadap hasil belajar materi energi alternatif dan cara penggunaannya pada siswa kelas IV B? (3) Adakah perbedaan hasil belajar materi energi alternatif dan cara penggunaannya antara model pembelajaran example non example dan model pembelajaran ekspositori pada siswa kelas IV? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Pretest-Posttest Control Group Design dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Subyek penelitian yaitu, siswa kelas IV SDN Jatirejo Kota Kediri yang berjumlah 54 siswa. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas IV A sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran ekspositori dan IV B sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran example non example dengan analisis uji t. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan model pembelajaran ekspositori berpengaruh rendah terhadap hasil belajar materi energi alternatif dan cara penggunaannya, diperoleh nilai signifikansi pada sig.(2-tailed) yang lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,031<0,05 (2) Penggunaan model pembelajaran example non example berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar materi energi alternatif dan cara penggunaannya, diperoleh pula nilai signifikansi pada sig.(2-tailed) yang lebih besar dari 0,05 yaitu 0,000<0,05 (3) Terdapat perbedaan signifikan penggunaan model pembelajaran example non example dibanding model pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar materi energi alternatif dan cara penggunaannya pada siswa kelas IV SDN Jatirejo. Dengan keunggulan pada model pembelajaran example non example, hal tersebut terbukti dari nilai rerata postes pada penggunaan model pembelajaran example non example adalah 74,26 sedangkan nilai rerata postes pada penggunaan model pembelajaran ekspositori adalah 82,22. Dengan demikian 74,26<82,22. Kata Kunci : Model Pembelajaran Example Non Example, Hasil Belajar Materi Energi Alternatif Dan Cara Penggunaannya

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI