Studi Komparasi Model Probing-Prompting Learning didukung Media Audio Visual Dibanding Model Probing-Prompting Learning didukung Media Animasi Terhadap Kemampuan Menunjukkan Contoh-contoh Perilaku dalam Menjaga Keutuhan NKRI Pada Kelas V di SD Pawyatan Daha 1, 2 Kota Kediri


Author (Penulis)

SATRIYO DWIHARYO WINANDA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0007

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil proses belajar dan mengajar saat ini yang membuat kelas sangat monoton, siswa menjadi pasif dan bosan. Salah satu pelajaran yang dianggap siswa sulit dan membosankan adalah Pendidikan Kewarganegaraan. Oleh karena itu maka pada pembelajaran PKN, model pembelajaran dan media pembelajaran yang dipakai adalah model pembelajaran probing-prompting learning dengan didukung media pembelajaran audio visual dan animasi. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan media audio visual dengan media animasi menggunakan studi komparasi model probing-prompting learning terhadap kemampuan menunjukkan contoh-contoh perilaku dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada kelas V di SD Pawyatan Daha 1,2 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan metode diskusi, ceramah, dan penugasan dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Pawyatan Daha 1, 2 Kota Kediri, yang dijadikan subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 80 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa RPP, silabus, alat evaluasi yang berupa tes objektif. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan data dianalisis menggunakan independent samples test. Karena dalam penelitian ini ada dua kelas, dan untuk melihat bagaimanakah pengaruh semua variabel bebas secara bersama-sama terhadap variabel terikat. Data dianalisis juga dengan uji t. Berdasarkan taraf signifikan 5%. Yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) model probing-prompting learning didukung media audio visual belum mencapai nilai KKM. (2) model probing-prompting learning didukung media animasi nilai siswa mengalami peningkatan dan (3) melalui model probing-prompting learning didukung media animasi terbukti dapat meningkatkan hasil nilai belajar siswa. KATA KUNCI : model probing-prompting learning, media audio visual, media animasi.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI