PENERAPAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE YANG DIKOMBINASIKAN DENGAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SUMBER ENERGI DAN KEGUNAANYA PADA SISWA KELAS III SDN PANGGUNGREJO KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN 2015/2016


Author (Penulis)

RIZKA MIFTAKHUL HUSNA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0006

Abstract

PENERAPAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE YANG DIKOMBINASIKAN DENGAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SUMBER ENERGI DAN KEGUNAANNYA PADA SISWA KELAS III SDN PANGGUNGREJO KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN 2015/2016 Rizka Miftakhul Husna 12.1.01.10.0006 FKIP - PGSD galeririzkamifta@gmail.com Dra. Budi Utami, M.Pd. dan Mumun Nurmilawati, S.Pd., M.Pd. UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahanpadapembelajaran Ilmu Pengetahuan Alamkelas III SDN PanggungrejoTulungagung, yaitu banyak siswa yang masih di bawahKriteriaKetuntasan Minimal (KKM). Hal ini dbuktikandata darihasilanalisisterhadapnilaiulanganharianbahwadari 25 siswa, yang mencapai KKM hanyasiswa 10 sedangkansisanya 15 siswabelummencapai KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Penerapan model pembelajaran Example Non Example yang dikombinasikan dengan model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan kemampuan siswa pada materi Sumber Energi dan Kegunaanya. 2) Penerapan model pembelajaran Example Non Example yang dikombinasikan dengan model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan keaktifa siswa. TeknikpenelitianinimenggunakanPenelitianTindakanKelas(PTK) Kolaboratif.Untukhasilbelajarsiswadiujikandenganmenggunakantessedangkanaktivitassiswadenganobservasikeaktifansiswa. Untukhasilbelajarsiswadiperoleh dari hasiltessedangkanaktivitassiswadenganobservasikeaktifansiswa. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah presentase keaktifan siswa 40% pada siklus I dan meningkat di siklus II menjadi 88%. Pada hasil belajar siklus 1 presentase yang diperoleh 44% dengan nilai rata-rata 68,46 dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 82,06 dan presentase 84%. KATA KUNCI :Example Non Example, Cooperative Script, Keaktifan Siswa, Hasil Belajar Siswa

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI