Pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan mendeskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia pada siswa kelas III SDN Campurejo 1 Kota Kediri tahun ajaran 2015 /2016


Author (Penulis)

NINIK ASROFIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0005

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan peneliti, bahwa pada pembelajaran guru masih melakukan pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional (ceramah), ini membuat siswa hanya bisa membayangkan materi yang diajarkan tanpa adanya contoh dan pengamatan secara langsung. Siswa tidak diberi kesempatan untuk mempelajari menemukan sendiri sesuai dengan kemampuannya dan membuat siswa merasa bosan dan jenuh, disini terkesan tidak adanya aktivitas dan kreatifitas siswa. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan mendeskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas III SDN Campurejo 1 Kota Kediri? (2) Bagaimanakah kemampuan mendeskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual pada siswa kelas III SDN Campurejo1 Kota Kediri? (3) Adakah pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan mendeskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia pada siswa kelas III SDN Campurejo 1 Kota Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif teknik eksperimen Desain Posttest-Only Control Desaign, dengan subjek penelitian peserta didik kelas III SDN Campurejo 1 Kota Kediri. Teknik pengumpulan data berupa tes. Analisis data yang digunakan adalah rumus uji t. Simpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) terhadap kemampuan mendeskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia pada siswa kelas III SDN Campurejo 1 Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016. Hal ini dibuktikan dari hasil uji-t yang dilakukan diperoleh sig. (2-tailed ) sebesar 0.001 lebih kecil dari taraf signifikan yang ditentukan yaitu 0.05 berarti (0.001 < 0.005). Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini juga dapat dilihat dari rata-rata kelas didapat hasil yang berbeda, kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) mendapatkan nilai rata-rata lebih tinggi dari kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan mendeskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia pada siswa kelas III SDN Campurejo 1 Kota Kediri tahun ajaran 2015/2016. KATA KUNCI : Model Pembelajaran Kontekstual

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI