PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KRATHWOHL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENGENAL BENTUK - BENTUK KEPUTUSAN BERSAMA SISWA KELAS V SDN 4 TIUDAN KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

DENOK RIZKI WIDIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0002

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari 50% siswa SDN 4 Tiudan Kota Tulungagung belum dapat mengenal bentuk bentuk keputusan bersama. Hal ini ditunjukkan dari rendahnya pencapaian siswa pada pelajaran PKn yang rata-rata nilai ulangan harian dibawah KKM khususnya siswa kelas V. Hal ini karena guru kurang tepat memilih model pembelajaran yang sesuai dalam mengajarkan materi tersebut. Sebagai salah satu alternatif untuk mengatasi rendahnya kemampuan siswa dalam mengenal bentuk bentuk keputusan bersama, maka dicoba menerapkan salah satu model pembelajaran inovatif, yaitu model pembelajaran Krathwohl. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan hasil belajar siswa sebelum menggunakan Model Krathwohl pada materi mengenal bentuk-bentuk keputusan bersama. 2) mendeskripsikan hasil belajar siswa sebelum menggunakan Model Krathwohl pada materi mengenal bentuk-bentuk keputusan bersama dan 3) untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Krathwohl terhadap hasil belajar mengenal bentuk-bentuk keputusan bersama Penelitian ini merupakan penelitian Pree Eksperimen dengan menggunakan desain One group Pretest-Posttest desaign. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 18 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji paired sampel t test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Hasil belajar siswa sebelum menggunakan model Krathwohl kurang baik dengan rata-rata sebesar 67,33 dan ketuntasan klasikal sebesar 61,2%. 2) Hasil belajar siswa setelah menggunakan model Krathwohl lebih baik pada materi mengenal bentuk-bentuk keputusan bersama dengan rata- rata sebesar 81,11 dan ketuntasan klasikal 83,4%. 3) Ada pengaruh penggunaan Model Krathwohl terhadap hasil belajar mengenal bentuk-bentuk keputusan bersama pada siswa kelas V SDN 4 Tiudan Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019dengan thitung 6.726 > ttabel

2.110. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh penggunaan  Model Krathwohl terhadap hasil belajar mengenal bentuk-bentuk keputusan bersama pada siswa kelas V SDN 4 Tiudan Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019. Disarankan model pembelajaran krathwohl dapat dijadikan alternatif model pembelajaran bagi guru untuk dalam mengenal bentuk-bentuk keputusan bersama.

 

KATA KUNCI :. krathwohl; mengenal bentuk-bentuk keputusan bersama


Keyword

a

Reference

Agus Suprijono. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta. Pustaka Media

Agustin, dkk. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran VCT Terhadap Hasil Belajar Ranah Afektif Mata Pelajaran PKn Siswa. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol.

3. No. 1. Diunduh 30 Mei 2019 jam 14.25

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta

Elmubarok, Zaim. 2009. Menumbuhkan Pendidikan Nilai. Bandung: CV. Alfabeta

Huda. 2013. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Krathwohl D. R. Bloom, B.S, & Masia, B.B. 1973. Taxonomy Of Educational Objective, The Classification Of Educational Goals, Handbook Ii: Affective Domain. longman. New York

Permendiknas No.14 Tahun 2007 tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

Sudjana Nana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar, Bandung: Sinar Baru,

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : CV. Alfabeta

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta.

Trianto, 2011. Model Pembelajaran Inovatif Berorentrasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka


PUBLISHED

2019-07-25

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 04 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI