PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DIDUKUNG MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN HUBUNGAN ANTARA STRUKTUR KERANGKA TUBUH MANUSIA DENGAN FUNGSINYA DI KELAS IV SDN ASMOROBANGUN 4 KECAMATAN PUNCU


Author (Penulis)

AMELIA ANGGRAINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0001

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari kenyataan didunia pendidikan walaupun sudah banyak berganti kurikulum akan tetapi guru masih menerapkan metode ceramah dan ilmu pengetahuan hanya berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mendeskripsikan struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya sebelum menggunakan model pembelajaran Make a Match didukung media kartu bergambar dengan yang sesudah menggunakan model pemebelajaran Make a Match didukung media kartu bergambar. Kemudian mencari pengaruh model pembelajaran Make a Match dengan media kartu bergambar terhadap kemampuan mendeskripsikan struktur kerangka tubuh manusia. Penelitian ini dilakukan di SDN Asmorobangun 4 Kecamatan Puncu pada siswa kelas IV semester 1 Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan bentuk one-group pretest-posttest. Subjek penelitian ini 20 siswa terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Instrument penelitian berupa tes tulis yaitu dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Validitas tes dihitung dengan menggunakan rumus Pearson product moment dikatakan valid apabila rhitung>rtabel, dengan rtabel= 0,444. Koefisiensi reabilitas tes = 0,968 ini dihitung dengan menggunakan rumus K-R 21(Kuder – Richardson). Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu dengan uji-t, pada taraf signifikan dan derajat kebebasan (Db) = 19. Uji normalitas hasil tes menggunakan chi-kuadrat dengan X2hitung 1,34 , X2tabel pada ? = 0.05 dan dk = 4 adalah 9,488 dinyatakan bahwa berdistribusi normal. Uji analisis data dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung (6,49) > ttabel (2,093), maka H1 yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Make a Match terhadap kemampuan mendeskripsikan struktur kerangka tubuh manusia didukung media kartu bergambar. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap model pembelajran Make a Match dengan didukung media kartu bergambar terhadap (1) Kemampuan mendeskripsikan struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya sebelum menggunakan model pembelajaran make a match didukung media kartu bergambar dengan hasil tes lebih rendah dengan nilai rat-rata yaitu 65,75. (2) kemampuan mendeskripsikan struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya setelah menggunakan model pembelajaran Make a Match dengan didukung media kartu bergambar memiliki hasil tes lebih tinggi dari nilai rata-rata yaitu 82,5. (3) Ada pengaruh yang sangat signifikan dalam penggunaan model pembelajran Make a Match dengan didukung media kartu bergambar terhadap kemampuan mendeskripsikan struktur kerangka tubuh manusia di kelas IV SDN Asmorobangun 4 Kecamatan Puncu Tahun Ajaran 2016/2017. Hal ini diketahui berdasarkan perolehan dari thitung > ttabel yaitu 6,49 > 2,093 dengan taraf signifikan 5% sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Kata kunci: model make a match , media kartu bergambar , terhadap kemampuan mendeskripsikan struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI