HUBUNGAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH DALAM PEMBELAJARAN BOLAVOLI PADA SISWA PUTRA SMK MUHAMMADIYAH KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
MUHDI NURFINTA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.09.0580
Abstract
Muhdi Nurfinta, NIM: 12.1.01.09.0580P, HUBUNGAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH DALAM PEMBELAJARAN BOLAVOLI PADA SISWA PUTRA SMK MUHAMMADIYAH KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015. Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2015.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran, metode penelitian pembelajaran digunakan untuk membuktikan efektifitas pembelajaran dengan menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) yang telah dipilih. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII D dan kelas VIII A SMK Muhammadiyah Kediri yang berjumlah 59 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik tes dan teknik pengukuran. Teknik pengolahan data yaitu hasil dari pengukuran dinyatakan dalam skor kuantitatif yang dapat diolah secara statistik.
Dari perhitungan di atas diperoleh = 3,46 kemudian dengan . Harga pada signifikan 5% dengan db = n1 + n2 – 2 = 28 + 31 – 2 = 57 adalah sebesar 2,39. Sehingga > atau 3,46> 2,39 karena tidak jatuh di wilayah terima H0, maka keputusannya yang diambil adalah menolak H0, dan menerima H1. Kesimpulannya adalah ada hubungan yang signifikan antara motivasibelajarsiswa terhadap hasil ketepatan servis bawah bolavoli pada siswa putra putra SMK Muhammadiyah Kediri tahun ajaran 2014/2015.
Saran yang dikemukan dalam penelitian ini adalah 1) Meningkatkan hasil belajar teknik dasar servis bawah dengan menggunakan metode yang sesuai dengan keadaan dan situasi sekolah agar hasilnya maksimal. 2) Penelitian ini menggunakan analisis statistik, maka dari itu diharapkan penelitian ini dapat membantu pencapaian hasil belajar yang maksimal.
Kata Kunci: Pembelajaran, motivasi, dan servis bawah bola voli.