PENGARUH MODIFIKASI MEDIA OLAHRAGA LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA SISWA KELAS XI SMK PGRI 4 KEDIRI


Author (Penulis)

VERONIKA YESSY FAOT
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.09.0554

Abstract

Penelitian dilator belakangi oleh pembelajaran seorang guru yang harus mampu menerapkan berbagai model pembelajaran baik didalam kelas maupun dilapangan dengan menciptakan pembelajaran uang menarik bagi siswa. Modifikasi media olahraga yang menggunakan alat sederhana merupakan satu metode baru yang lebih menarik dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran lompat jauh. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah : apakah terdapat pengaruh proses pembelajaran dengan penerapan modifiikasi media olahraga lompat jauh pada siswa?. Penelitian ini menggunakan kardus bekas sebagai modifikasi media olahrag. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IX SMK PGRI 4 Kediri, dan pembelajaran tersebut menggunakan lompat jauh gaya jongkok. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Terdapat peningkatan yang signifikan antara hasil belajar pengaruh modifikasi media olahraga lompat jauh gaya jongkok siswa/siswi SMK PGRI 4 Kediri. (2) Terdapat hubungan yang signifikan dengan modifikasi media pembelajaran menggunakan kardus bekas untuk latihan, memberikan konstribusi siswa lebih tertarikdengan pembelajaran lompat jauh gaya jongkok. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya keteertarikan siswa pada materi lompat jauh gaya jongkok. Berdasarkan simpulan di atas penelitian ini juga memberikan deskripsi yang jelas bahwa melalui pendekatan bermain menggunakan alat bantu dalam pembeajran lompat jauh gaya jongkok dapat meningkat kan hasil belajar siswa sehingga penelitian ini dapat digunakan media pengajaran dengan pendekatan bermain menggunakan alat bantu pembelajaran.


Keyword

PENGARUH MODIFIKASI MEDIA OLAHRAGA, LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK, PADA SISWA KELAS XI SMK PGRI 4 KEDIRI

Reference

Abdulkadir Ateng. (1992), Asas dan Landasan Pendidikan Jasmani. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Aip syarifuddin. 1992. Atletik. Jakarta : Depdikbud

Aip syarifuddin dan Muhadi. 1992/1993. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan.          Jakarta : Depdikbud

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipata.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta : RajaGrafindo Persada.

Aussie, Modified Sport, A Quality Yunior Sport Approach, Belconen, ACT, Australian Sport Commission.

Ngasmain dan Soepartono. (1977). Modifikasi Olahraga dan model Pembelajaran Sebagai Strategi pembinaan Olahraga. Konfrensi Nasional Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Depdikbud IKIP Bandung.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

 

Tisnowati Tamat dan Moekarto Mirman. 2005. Pendidikan Jasmani dan kesehatan. Jakarta: Universitas Terbuka

 

Yudha. 2001. Pembelajaran Atletik di Sekolah Dasar (sebuah Pendekatan Pembinaan Gerak melalui Permainan). Jakarta : Depdiknas


PUBLISHED

2019-08-01

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 05 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade