UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PASING BAWAH BOLA VOLI MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PART WHOLE UNTUK SISWA KELAS V DI SD NEGERI TAWANG 3 KECAMATAN WATES KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

MOH. HABSA ALIEFTIYAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.09.0414

Abstract

Bola voli merupakan salah satu mata pelajaran pendidikan jasmani yang wajib diberikan kapada siswa mulai dari Sekolah Dasar, namun karena metode pembelajaran dan latihan yang kurang tepat menyebabkan siswa kelas V SD Negeri Tawang 3 Kecamatan Wates mengalami kesulitan dalam pembelajaran pasing bawah bola voli, hal ini terbukti dari hasil pembelajaran ada 14 siswa dari 25 siswa yang mendapat nilai dibawah kriteria ketuntasan minimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan penerapan metode pembelajaran part whole pasing bawah bola voli pada siswa kelas V di SD Negeri Tawang 3 Kecamatan Wates Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan pasing bawah bola voli pada siswa kelas V di SD Negeri Tawang 3 Kecamatan Wates Kabupaten Kediri dengan penerapan penerapan metode pembelajaran part whole. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Negeri Tawang 3 Kecamatan Wates Kabupaten Kediri berjumlah 25 siswa dengan obyek penelitian meningkatkan keterampilan pasing bawah bola voli. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan observasi melalui penilaian hasil belajar dari aspek kognitif, aspek psikomotor dan aspek afektif dalam unjuk kerja pasing bawah Bola voli. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data kuantitatif (nilai hasil belajar siswa) yang dapat dianalisis secara deskriptif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan metode pembelajaran part whole pasing bawah bola voli dapat meningkatkan hasil keterampilan pasing bawah bola voli dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar pasing bawah bola voli pada siklus I dalam kategori tuntas adalah 60% atau 15 siswa dan yang belum tuntas ada 10 anak atau 40 %. Pada siklus II terjadi peningkatan prosentase hasil belajar siswa dalam kategori tuntas sebesar 98 % atau 22 siswa dan yang belum tuntas 3 anak atau 12 %. Simpulan penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran part whole dapat meningkatkan meningkatkan keterampilan pasing bawah bola voli pada siswa kelas V di SD Negeri Tawang 3 Kecamatan Wates Kabupaten Kediri. Saran yang diberikan kepada guru yaitu guru penjasorkes SD menjalankan tugas secara profesional dan menerapkan berbagai inovasi pembelajaran secara variatif, memberikan metode pembelajaran yang sederhana, efisien, efektif dan memberikan motivasi siswa didiknya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-12

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI