Peningkatan Hasil Belajar Permainan Bola Voli Melalui Metode Kelompok Bermain Pada Siswa Kelas IV MI Darul Huda Desa Wonodadi Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2016/2017


Author (Penulis)

MUHAMMAD KHOIRUN NI\'AM
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.09.0413

Abstract

Muhammad Khoirun Ni’am. “Peningkatan Hasil Belajar Permainan Bola Volly Melalui Metode Kelompok Bermain Pada Siswa Kelas IV MI Darul Huda Desa Wonodadi Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2016/2017” , Skripsi, PENJASKESREK, FKIP UNP Kediri 2016. Kata Kunci : Pembelajaran, Permaianan, Bola Volly, Metode Kelompok. Permainan bola Volly merupakan permainan yang dapat dimodifikasi. Modifikasi digunakan sebagai salah satu alternatif pendekatan dan pembelajaran pendidikan jasmani yang dilakukan dengan berbagai pertimbangan. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah siswa belum dapat melakukan permainan bola Volly dengan benar, hasil belajar tidak maksimal, kurangnya minat anak terhadap permainan bola Volly. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana meningkatkan hasil belajar Bola Volly melalui Metode Kelompok Bermain pada Siswa Kelas IV MI Darul Huda Desa Wonodadi Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar? Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar permainan bola Volly melalui metode kelompok bermain pada siswa kelas IV MI Darul Huda Desa Wonodadi Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Metode penelitian meliputi 5 hal, yaitu Pertama subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV MI Darul Huda Desa Wonodadi Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar, yang berjumlah 16 anak, kedua Objek penelitian menggunakan metode kelompok bermain, ketiga waktu penelitian pada semester Satu Tahun pelajaran 20 16/2017, keempat lokasi penelitian yaitu di MI Darul Huda Wonodadi yang terletak di desa Wonodadi Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar. kelima tekhnik pengumpulan data meliputi observasi, kuesioner, tes langsung, instrumen penelitian meliputi silabus dan RPP, analisis data menggunakan rumus prosentase. Pertemuan dalam penelitian ini dirancang 2 siklus. Hasil PTK ini didapat hasil belajar bola Volly menggunakan metode kelompok bermain terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II, baik dari peningkatan rata-rata setiap pertemuan maupun nilai ketuntasan hasil belajar, rata-rata siklus I (70,52) atau 9 siswa (56,25%) dan rata-rata siklus II (80,98) atau 14 anak (87,50%) Sehingga peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 31,25%. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan metode kelompok bermain dapat meningkatkan hasil belajar bola Volly pada siswa kelas IV MI Darul Huda Desa Wonodadi Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar, dengan kriteria tuntas. Saran penelitian ini adalah apabila terjadi permasalahan yang sama maka metode ini bisa digunakan sebagai bahan pembelajaran alternatif.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-19

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI