UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN SERVIS BAWAH PADA PERMAINAN BOLA VOLI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SECARA BERTAHAP PADA SISWA KELAS 4 SDN TANJUNG KALANG 5 KAB. NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

Andika Wibowo
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.09.0407

Abstract

Hasil servis bawah bolavoli siswa SD Negeri TanjungKalang 5 saat ini masih belum memenuhi KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses peningkatan hasil belajar servis bawah melalui model pembelajaran secara bertahap dalam permainan bolavoli pada siswa kelas IV SD Negeri TanjungKalang Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri TanjungKalang 5 Kabupaten Nganjuk dengan jumlah total 19 siswa, terdiri atas 13 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan yaitu tes unjuk kerja servis bawah bolavoli. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil servis bawah bolavoli melalui model pembelajaran secara bertahap pada siswa kelas IV SD Negeri TanjungKalang 5 Kabupaten Nganjuk ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata siswa. Nilai rata-rata siswa pada kegiatan tes pretest sebesar 62,65 dengan persentase ketuntasan sebesar 26,31%. Kondisi tersebut mengalami peningkatan nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu pada jarak 3 meter 67,41 persentase ketuntasan sebesar 42,10% dan pada jarak 4 meter 70,67 persentase ketuntasan sebesar 52,63% . Namun, peningkatan tersebut masih belum mencapai target yang ditetapkan sebelumnya. Kemudian setelah melanjutkan ke siklus II nilai rata-rata servis bawah siswa kembali mengalami peningkatan pada jarak 5 meter sebesar 73,68 dengan persentase ketuntasan sebesar 68,42% dan pada jarak 6 meter 77,94 persentase ketuntasan sebesar 84,21%, Hal tersebut menunjukkan bahwa target yang telah ditetapkan sebelumnya sudah tercapaisehingga penelitian dihentikan pada siklus II. Proses pembelajaran servis bawah bolavoli menggunakan model pembelajaran secara bertahap berlangsung dinamis dan menyenangkan. Peserta didik aktif melaksanakan tugas dan mengamati gerakan teknik servis bawah bolavoli dan saling diskusi dengan teman. Seluruh aspek penilaian dikuasai peserta didik. Kemampuan servis bawah bolavoli peserta didikmeningkat dengan ditandai dengan seluruh peserta didik tuntas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 75.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-08

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI