UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEPAK SILA DALAM PERMAINAN SEPAKTAKRAW MELALUI PENERAPAN MEDIA ALAT BANTU PEMBELAJARAN SISWA KELAS V SD NEGERI WONODADI 1 KAB.BLITAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
BINTI SOLEKAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.09.0402
Abstract
ABSTRAK
Binti Solekah. UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEPAKSILA DALAM PERMAINAN SEPAKTAKRAW MELALUI PENERAPAN MEDIA ALAT BANTU PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI WONODADI 1 KAB.BLITAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri .
Kata Kunci : Hasil Belajar Sepaksila, Media Alat Bantu Pembelajaran
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar Sepaksila dalam permainan sepaktakraw melalui penerapan media alat bantu pembelajaran pada siswa kelas V SDN Wonodadi 1 Kab.Blitar Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Wonodadi 1 Kab.Blitar Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan jumlah total 20 orang siswa. Sumber data berasal dari siswa, guru, dan kolaborator.Teknik pengumpulan data dengan tes praktik, pengamatan, dan studi simak.Validitas data menggunakan teknik triangulasi metode.Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif komparatif, sedangkan data kualitatif dianalisis dengan analisis kritis.Prosedur penelitian adalah model terus-menerus dan dilaksanakan dalam siklus yang diberikan pada siswa yang dijadikan subyek penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan media alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar Sepaksila siswa kelas V SDN Wonodadi 1 Kab.Blitar Tahun Pelajaran 2016/2017 dari pra siklus ke siklus I, dan dari siklus I ke siklus II. Proses pembelajaran pada pra siklus cara penyajian pembelajaran pada teknik saja, sehingga terkesan membosankan dan anak-anak kurang semangat dan kurang antusias dalam pembelajaran. Peningkatan terjadi pada siklus I. Media alat bantu pembelajaran meningkatkan pembelajaran Sepaksila. Pada siklus II dengan media alat bantu pembelajaran Sepaksila meningkat lebih baik sehingga dapat mendukung suatu pembelajaran yang berkualitas.
Dari pembahasan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar sepaksila. Pada siklus I ketuntasan belajar mencapai 40% dan pada siklus II mencapai 80%, sedangkan indikator target pencapaian ketuntasan belajar ditetapkan sebesar 75%, dengan demikian dapat diambil simpulan bahwa, media alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar sepaksila dalam permainan sepaktakraw serta dapat meningkatkan antusiasme, semangat, dan keaktifan siswa, suasana kelas menjadi menyenangkan.