Upaya meningkatkan hasil belajar servis atas melalui model pembelajaran kooperatif dalam permainan bola voli pada siswa kelas V SDN JADI 03 KECAMATAN SEMANDING KABUPATEN TUBAN Tahun ajaran 2016/2017
Author (Penulis)
Edi Purnomo
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.09.0397
Abstract
ABSTRAK
Edi Purnomo. UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS ATAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM PERMAINAN BOLAVOLI PADA SISWA KELAS V SDN JADI 3 TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Kata kunci : model pembelajaran, Kooperatif, servis atas bolavoli.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar servis atas dalam permainan bolavoli pada Siswa Kelas V SDN Jadi 3 melalui model pembelajaran Kooperatif.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas( PTK ). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa SISWA KELAS V SDN JADI 3 yang berjumlah 36 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan penilaian hasil belajar servis atas bolavoli. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif kualitatif dengan hasil prosentase.
Dari hasil analisis yang dilakukan, diperoleh peningkatan yang signifikan daripratindakanke siklus I dan siklus II. Prestasi belajar servis atas bolavoli pada siklus I dalam kategori tuntas adalah 61,11% atau 22 siswa. Pada siklus II terjadi peningkatan prosentase prestasi belajar siswa dalam kategori tuntas sebesar 80,55% atau sejumlah 29 siswa.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar servis atas dalam permainan bolavoli pada Siswa Kelas V SDN Jadi 3.