UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK DENGAN MENGGUNAKAN MODIVIKASI ALAT PADA SISWA KELAS V SDN SUMBER URIP 1 BERBEK KECAMATAN BERBEK KABUPATEN NGANJUK TAHUN 2016-2017
Author (Penulis)
TAUFIQ DWI ADMOJO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.09.0363
Abstract
ABSTRAK
Taufiq Dwi Admojo : Upaya Meningkatkan Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok Menggunakan Modifikasi Alat pada Siswa Kelas V SD Sumberurip I Brebek Kecamatan Brebek Kabupaten Nganjuk Tahun 2016, Skripsi, Program Studi S1 Penjaskesrek, FKIP, Universitas Nusantara PGRI Kediri 2018
Kata Kunci : lompat jauh gaya jongkok, Modifikasi alat
Lompat jauh gaya jongkok merupakan salah satu gaya lompat jauh yang diajarkan bagi siswa sekolah dasar. Jika dibandingkan dengan gaya lainnya, lompat jauh gaya jongkok lebih sederhana daripada gaya yang lain, sehingga gaya jongkok lebih awal diajarkan bagi siswa sekolah sebelum mempelajari gaya lainnya. Lompat jauh gaya jongkok bagi siswa sekolah dasar perlu diupayakan oleh guru. Seorang guru. penjaskes dituntut untuk mampu menciptakan kondisi belajar yang baik. Pembelajaran yang diberikan kepada siswa harus dapat membangkitkan motivasi belajar siswa dengan memberikan bentuk-bentuk pembelajaran yang menyenangkan.
Di samping rendahnya minat siswa juga adanya beberapa fasilitas yang masih sangat kurang seperti media untuk pembelajaran lompat jauh, yang pada umumnya fasilitas ini dikalahkan dengan peralatan yang lain guna menunjang materi akademis, sehingga media belajar bagi siswa yang diperuntukkan untuk menunjang kegiatan olahraga sangat kurang bahkan terkesan seadanya.
Penelitian ini menggunakan Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu pengumpulan datanya dengan menggunakan siklus I dan Siklus II. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meingkatkan kemampuan lompat jauh gaya jongkok menggunakan modifikasi alat pada siswa kelas V SD Negeri Sumbrurip Brebek Nganjuk .
Penelitian dan analisis data disimpulkan bahwa: 1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan interpretasi, dan (4) analisis dan refleksi. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dan pembahasan yang telah diungkapkan pada BAB IV, diperoleh simpulan bahwa: Upaya Meningkatkan Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok Menggunakan Modifikasi Alat pada Siswa Kelas V SD Sumberurip I Brebek Kecamatan Brebek Kabupaten Nganjuk Tahun 2016.
Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan yang signifikan dari siklus I dan siklus II. Hasil gerak dasar lompat jauh gaya jongkok pada siklus I dalam kategori tuntas adalah 65% jumlah siswa yang tuntas adalah 13 siswa dari 20 siswa. Pada siklus II terjadi peningkatan prosentase hasil gerak dasar siswa dalam kategori tuntas sebesar 95% sedangkan siswa yang tuntas 19 siswa dari 20 siswa.