Penelitian ini dilatar belakangi melihat adanya perbedaan teknik siswa dalam bermain bolavoli, kurangnya sarana prasarana pendukung untuk latihan ekstrakurikuler bolavoli, kurangnya waktu latihan yang hanya dilakukan satu kali setiap minggu, serta belum pernah diadakannya penelitian tentang keterampilan bermain bolavoli di MTsN 3 Nganjuk, maka perlu dilakukan penelitian untuk menjawab permasalahan di atas dengan melakukan tes keterampilan bolavoli. Sampel penelitian yang digunakan adalah 20 siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di MTsN 3 Nganjuk. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dengan persentase. Metode penelitian adalah dengan Survey yakni dengan Tes. Hasil penelitian sebanyak 1 siswa termasuk dalam kategori sangat baik atau sebesar 5%, sebanyak 6 siswa termasuk kategori baik atau sebesar 30%, sebanyak 9 siswa termasuk dalam kategori sedang atau sebesar 45%, sebanyak 0 siswa termasuk kategori kurang atau sebesar 0%, dan sebanyak 4 siswa termasuk kategori sangat kurang atau sebesar 20%. Maka dapat disimpulkan bahwa tingkat keterampilan bermain bolavoli siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bolavoli di MTsN 3 Nganjuk masuk dalam kategori sedang sebanyak 9 siswa atau dengan presentase 45%. Hal ini dapat disimpulkan keterampilan bermain bolavoli termasuk kategori Sedang.
Suharsimi, Arikunto.(2010). Prosedur Penelitian Suat Pendekatan Praktik Jakarta:Rineka Cipta.
Muhammad Muhyi Faruq danAlbertus Fenanlampir.(2015).Tes & Pengukuran dalam Olahraga. Jakarta. Andi Offset.