MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MINI MELALUI PENDEKATAN MEDIA BOARDBALL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 SAWAHAN KECAMATAN PANGGUL KABUPATEN TRENGGALEK
Author (Penulis)
SYAIFUL ANWAR
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.09.0342
Abstract
ABSTRAK
Syaiful Anwar: Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Mini Melalui Pendekatan Media Boardball Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Sawahan Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi, PENJASKESREK, FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa dalam kegiatan pembelajaran passing bawah bola voli mini siswa sering mengalami sakit pada tangan saat melakukan passing bawah dikarenakan media yang digunakan tidak sesuai karakteristik siswa. Faktor tesebut juga menyebabkan minat dan motivasi siswa menjadi berkurang.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pendekatan media boardball dalam pembelajaran passing bawah bola voli mini dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Sawahan?.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini terdiri 2 siklus dengan subyek penelitian kelas IV SDN 2 Sawahan dengan jumlah 15 siswa terdiri dari 7 laki-laki dan 8 perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu RPP, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi motivasi belajar siswa, lembar observasi minat belajar siswa, angket respon siswa dan tes praktek.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Model pembelajaran passing bawah bola voli mini melalui pendekatan media boardball dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini terlihat pada hasil ketuntasan belajar siswa yang melebihi KKM yang telah ditetapkan yaitu 75 mengalami peningkatan yaitu pada siklus I ke siklus II sebesar 13.37% yaitu dari 73.30% (siklus I) menjadi 86.67% (siklus II). (2) Melalui pendekatan media boardball terbukti dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: Tujuan pokok penggunaan pendekatan bermain boardball adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran masih perlu meneliti terus menerus, untuk membuktikan apakah pembelajaran menggunakan pendekatan media boardball sesuai dengan seluruh karakteristik materi dan karakteristik siswa.
KATA KUNCI : hasil belajar, passing bawah, bola voli mini, boardball.