HUBUNGAN ANTARA KEBUGARAN JASMANI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 KALIDAWIR TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

Putra Purdika Ari santoso
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.09.0341

Abstract

ABSTRAK

Putra Purdika Ari Santoso : Hubungan Antara Kebugaran Jasmani Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Di Smp Negeri 2 Kalidawir Tulungagung Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi PENJASKESREK. FKIP UN PGRI Kediri. 2017. Penelitian ini dilatar belakangi di SMP Negeri 2 Kalidawir ditemukan permasalahan adanya siswa yang berprestasi dalam bidang olahraga tetapi dalam prestasi belajarnya kurang baik. Ada juga siswa yang prestasi belajar dan kebugaran jasmaninya cukup baik. Permasalahan penelitian ini adalah Adakah Hubungan Antara Kebugaran Jasmani Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Kalidawir Tulungagung Tahun Pelajaran 2016/2017?. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebugaran jasmani dengan prestasi belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kalidawir Tulungagung. Dalam penelitian ini terdapat dua variable, yaitu variable bebas (Y) adalah hasil belajar pendidikan jasmani dan kesehatan siswa, dan variable terikatnya (X) adalah tingkat kebugaran jasmani siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah nilai Signifikansi (0,000 < 0,297) maka Ho ditolak, artinya bahwa ada pengaruh antara tingkat kebugaran jasmani dengan hasil belajar. Karena koefisien korelasi nilainya positif, maka berarti berhubungan positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Sehingga dalam kasus ini dapat dikatakan bahwa tingkat kebugaran jasmani berpengaruh terhadap hasil belajar pada siswa SMP Negeri 2 Kalidawir Tulungagung Tahun Pelajaran 2016/2017.

KATA KUNCI : Kebugaran Jasmani, Prestasi Belajar Siswa


Keyword

a

Reference

Departemen  Pendidikan Nasional.  2000. Pedoman dan Modul Pelatihan Kesehatan Olahraga Bagi Pelatih  Olahragawan Pelajar. Jakarta : Kementrian Pendidikan Nasional Pusat  Pengembangan Kualitas  Jasmani.

Depdiknas. 2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas.

Irianto. D. P. 2004. Pedoman  Praktis  Berolahraga  untuk  Kebugaran  dan Kesehatan. Yogyakarta: Andi Offset.

Krisnanda, D. A 2012. Perbedaan Status Kebugaran Jasmani Siswa Yang Berprestasi Akademik Dengan Siswa Yang Tidak Berprestasi Akademik Di Sma Negeri 1 Boyolali. (online), (http://eprints.uny.ac.id). Diakses tanggal 14 Pebruari 2017.

Prayitno. D 2012. Jenis Layanan Dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: Fakultas Ilmu Pendidikan UNP.

Aswin. F 1996. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta : Depdikbud.

Muhajir.  2007.  Pendidikan  Jasmani  Olahraga  dan  Kesehatan.  Jakarta: Erlangga.

Syah. M. 2000. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT.  Remaja Rosdakarya

Zuriah. N. 2007. Metode Penelitian Sosial dan Pendidikan, Teori – Aplikasi. Jakarta : Bumi Aksara.

Kriyantono. R. 2009. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Malang: Prenada Media Group.

Lutan. R 2000. Asas-asas Pendidikan Jasmani Pendekatan Pendidikan Gerak di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Olahraga, Depdiknas

Djamarah. S. B 1994. Prestasi Belajar Kompetensi Guru. Surabaya: PT. Usaha Nasional.

Samsudin. 2008. Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMP/ MTs. Penerbit: Litera. Jakarta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT. Rineka Cipta. 

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Suharjana. 2013. Kebugaran Jasmani. Yogyakarta: Jogja Global Media.


PUBLISHED

2019-02-13

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI