PENGARUH LATIHAN SASARAN TETAP DAN LATIHAN SASARAN BERUBAH ARAH TERHADAP AKURASI TENDANGAN PENALTI DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA PADA SISWA EXTRAKULIKULER SMPN 4 KEDIRI


Author (Penulis)

ARIO BIMO PRATISTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.09.0295

Abstract

PENGARUH LATIHAN SASARAN TETAP DAN LATIHAN SASARAN BERUBAH ARAH TERHADAP AKURASI TENDANGAN PENALTI DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA PADA SISWA EKSTRAKULIKULER SMPN 4 KEDIRI ARIO BIMO PRATISTO 12.1.01.09.0295 FKIP – Penjaskesrek Ariopratisto2@gmail.com Drs. Sugito, M.Pd. dan Ardhi Mardiyanto Indra P, M.Or UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Menendang bola merupakan teknik yang paling sering digunakan dalam permainan sepak bola, salah satunya saat melakukan tendangan penalti. Untuk meningkatkan akurasi tendangan penalti dapat dilakukan dengan latihan tendangan penalti menggunakan sasaran tetap dan sasaran berubah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah ada pengaruh latihan tendangan penalti menggunakan sasaran tetap terhadap akurasi tendangan penalti pada siswa ekstrakulikuler SMPN 4 Kediri? 2) Apakah ada pengaruh latihan tendangan penalti menggunakan sasaran berubah terhadap akurasi tendangan penalti pada siswa ekstrakulikuler SMPN 4 Kediri?. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa ekstrakulikuler SMPN 4 Kediri berjumlah 20 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh yaitu semua populasi sebagai sampel. Variabel penelitian ada 2 yaitu latihan tendangan penalti menggunakan sasaran tetap sasaran berubah sebagai variabel bebas dan akurasi tendangan penalti sebagai variabel terikat. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji beda (t-test). Hasil mean tes awal kelompok eksperimen yaitu latihan tendangan penalti menggunakan sasaran tetap sebesar 11,4 serta tes akhir 16,9 dan hasil uji t kelompok eksperimen memperoleh thitung = 8,73 ? ttabel ==2,262. Sedangkan hasil mean tes awal kelompok kontrol yaitu latihan tendangan penalti menggunakan sasaran berubah sebesar 11,2 serta tes akhir 13,7 dan hasil uji t memperoleh thitung =2,358 ? ttabel =2,262. Hasil uji perbedaan dengan perbandingan mean akhir kelompok eksperimen sebesar 16,9 dan kelompok kontrol sebesar 13,7 mempunyai selisih 3,2, dan uji t menghasilkan thitung =2,54 ? ttabel =2,262. Berdasarkan hasil penelitian diatas latihan tendangan penalti menggunakan sasaran tetap lebih baik dari latihan tendangan penalti menggunakan sasaran berubah. Berdsarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) ada pengaruh yang signifikan antara latihan tendangan penalti menggunakan sasaran tetap dan sasaran berubah 2) latihan tendangan penalti menggunakan sasaran tetap lebih baik dibandingkan latihan menggunakan sasaran berubah. Saran dalam latihan tendangan penalti dilakukan dengan sasaran tetap karena hasil yang lebih baik, namun tidak menutup kemungkinan dilakukan dengan menggunakan sasaran berubah untuk memberi variasi latihan agar tidak monoton dan membosankan. KATA KUNCI : Sasaran Tetap, Sasaran Berubah, Akurasi Penalti ?

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-16

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI