SURVEY PERSEPSI DAN MOTIVASI SISWA MENGIKUTI EKTRAKURIKULER KELAS VII DAN VIII DI SMP NEGERI 1 BANDUNG TUUNGAGUNG TAHUN 2016/2017


Author (Penulis)

Reizha Panji
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.09.0255

Abstract

ABSTRAK Reizha Panji Ferdian: Survey persepsi dan motivasi siswa dalam mengikuti ektrakurikuler kelas VII dan VIII di SMP Negeri 1 Bandung Tulungagung tahun 2016, Skripsi, PENJASKESREK, FKIP UN PGRI Kediri 2016. Tujuan penelitian ini adalah: Bagaimana persepsi dan motivasi siswa dalam mengikuti ektrakurikuler kelas VII dan VIII di SMP Negeri 1 Bandung Tulungagung tahun 2016? Penelitian ini menggunakan metode survey yang merupakan salah satu jenis penelitian deskriptif. Survey adalah suatu cara penelitian deskriptif yang dilakukan terhadap sekumpulan objek yang biasanya cukup banyak dalam jangka waktu tertentu. Tujuan survey adalah untuk melakukan penelitian terhadap suatu kondisi penyelenggaraan program di masa sekarang dan hasilnya digunakan untuk menyusun perencanaan perbaikan program tersebut. Sedangkan caranya cara pengambilan data menggunakan angket. Sebelum melakukan penelitihan angket harus divalidasi instrument, uji validasi dan uji realibitasi. Setelah melakukan penelitian menghasil kan data sebagai berikut dari 60 sampel yang diteliti yaitu, dari aspek persepsi memiliki persentase paling tinggi adalah aspek kognitif yaitu 98,3% lebih besar dari aspek afektif yaitu 88,3% dan aspek konatif yaitu 85%, sehingga dapat diartikan bahwa persepsi siswa mengikuti ektrakurikuler sangat dipengaruhi oleh aspek kognitif meliputi tanggapan, pendapat siswa, sarana dan prasarana sekolah, rasa percaya diri, kemauan untuk mengembangkan diri, dan mengasah diri sesuai bakat dalam diri siswa. Dan dari aspek Motivasi menghasilkan data sebagai berikut, dari faktor intrinsik dan ektrinsik yaitu 100% , sehingga dapat disimpulkan siswa memiliki motivasi mengikuti ektrakurikuler karena memiliki kemauan dalam diri sendiri dan juga dukungan dari orang tua yang member motivasi untuk mengembangkan bakat dan prestasi melalui kegiatan positif seperti ektrakurikuler sekolah. Selain itu, faktor teman juga memiliki peran penting mempengaruhi motivasi siswa dalam mengembangkan prestasi.Dapat dikatakan bahwa kedua faktor intrinsic dan ektrinsik saling melengkapi dalam pembentukan motivasi siswa mengikuti ektrakurikuler. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa persepsi dan motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan ektrakurikuler kelas VII dan VIII di SMPN 1 bandung dalam kategori tinggi 95% tinggi dalam mengikuti ektrakurikuler. Sedangkan motivasi siswa dalam mengikuti ektrakurikuler berkategori tinggi sebesar 100% dari 60 sampel siswa meliputi kelas VII dan VIII di SMPN 1 bandung tulungagung. Jadi, kedua faktor berpengaruh seimbang pada siswa dalam mengikuti ektrakurikuler.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-13

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI