SURVEI MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI PADA SISWA SISWI KELAS VIII DI SMP NEGERI 7 KEDIRI


Author (Penulis)

SONIA ARYANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.09.0251

Abstract

ABSTRAK Motivasi mendorong seseorang melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan yang ingin dicapainya. Disini motivasi sangat penting, karena motivasi merupakan konsep yang menjelaskan alasan seseorang berperilaku. Apabila terdapat dua anak yang memiliki kemampuan sama dan memberikan peluang dan kondisi yang sama untuk mencapai tujuan, kinerja dan hasil yang dicapai oleh anak yang termotivasi akan lebih baik dibandingkan dengan anak yang tidak termotivasi. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa motivasi belajar dapat menentukan tingkat berhasil atau gagalnya kegiatan belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa kelas VIII terhadap pelajaran pendidikan jasmani di SMP Negeri 7 Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif suatu metode penelitian yang digunakan dalam penelitian deskriptif untuk menggambarkan fenomena yang ada. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas VIII di SMP yang berjumlah 60 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini motivasi intrinsik lebih dominan dibandingkan dengan motivasi ekstrinsik dalam mempengaruhi motivasi belajar siswa akan pelajaran pendidikan jasmani di SMP Negeri 7 Kediri. Dimana pada motiasi intrisik terdapat 45 siswa atau 75% pada kategori tinggi, sedangkan pada motivasi ekstrinsik terdapat 26 siswa atau 43% pada kategori sedang. KATA KUNCI : motivasi belajar, motivasi intrinsik, motivasi ekstrinsik, dan pembelajaran pendidikan jasmani.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-05

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI