MODIFIKASI BOLA PLASTIK TERHADAP HASIL BELAJAR TOLAK PELURU GAYA SAMPING SISWA KELAS XI TKJ 1 SMK PGRI 4 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
Kasiyanto
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.09.0243
Abstract
Kasiyanto:12.1.01.09.0243, Modifikasi Bola Plastik Terhadap Hasil Belajar Tolak Peluru Gaya
Samping Siswa XI TKJ 1 Di SMK PGRI 4 KEDIRI Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi,
Penjaskesrek, FKIP, UN PGRI Kediri, 2017
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi peneliti, bahwa di kelasXI TKR 1 bahwa hasil
belajar tolak peluru rendah dikarenakan kurangnya media pembelajaran dan metode
pembelajaran yang masih konvensional. Akhibatnya siswa menjadi pasif, tidakkreatif, dan hasil
belajar menurun.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) adakah modifikasi bola plastik dapat meningkatkan
hasil belajar siswa di kelas XI TKR 1 SMK PGRI 4 Kediri ? (2) Seberapa besar pengaruh
modifikasi bola plastic dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI TKR 1SMK PGRI 4
Kediri ?.
Prosedur penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
menggunakan design penelitian John Elliot yakni menggunkan dua siklus yaitu siklus I dan
siklus II. Pada siklus I penelitian dengan memodifikasi alat tolak peluru dengan bola plastik. Dan
siklus II penelitian dilakukan dengan memodifikasi alat tolak peluru dengan bola plastic berisi
pasir.
Kesimpulan hasil penelitian iniadalah (1) modifikasi alat tolak peluru dengan menggunakan
bola plastic biasa dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari kondisi prasiklus ketuntasan hasil
belajar hanya sebesar 28,57 % meningkat menjadi 65,71% pada siklus I. (2) modifikasi alat tolak
peluru dengan menggunakan bola plastic berisi pasir meningkatkan hasil belajar siswa
darikondisisiklus I ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 65,71% meningkat menjadi 100% pada
siklus II.
Kata kunci : modifikasi bola plastik, tolak peluru, gaya menyamping