UPAYA MENINGKATKAN KECEPATAN LARI 50 METER DENGAN MEDIA TONGKAT PADA SISWA KELAS V SDN GONDANGLEGI 2 KEC.PRAMBON KAB.NGANJUK


Author (Penulis)

EDWIEN JUNAEDI ABDULLAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.09.0227

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan awal yang dilakukan peneliti tentang kemampuan siswa dalam melakukan lari 50 meter, dimana hasilnya menunjukkan bahwa siswa kurang bersemangat untuk mengikutinya.  Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan PTK (Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus, langkah-langkah dalam siklus penelitian tindakan kelas ini terdiri dari bawah empat komponen, yaitu: 1. Rencana, 2. Tindakan, 3. Observasi dan 4. Refleksi. Dan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gondanglegi 2 yang berjumlah 22 siswa yang terdiri 12 siswa laki-laki dan 10 siswa. Berdasarkan analisa data penelitian, diperoleh hasil lari dari kondisi awal yang tergolong rendah yaitu dengan rata-rata 68,5%, untuk siklus I mengalami kenaikan mencapai 72,95%, sedangkan untuk siklus II mencapai 77,64%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah melalui penerapan media alat sederhana berupa tongkat kayu, tiang paralon dan gawang paralon dapat meningkatakan semangat dan hasil belajar lari 50 meter pada siswa kelas v sdn gondanglegi 2 kec. prambon kab. nganjuk tahun pelajaran 2016/2017 ditandai dengan meningkatnya ketuntasan nilai hasil belajar


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA 

Daryanto. (2010). Belajar Mengajar. Bandung : CV. Yrama Widya.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tetang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Republik

Indonesia. 

Hanief, Y. N., & Himawanto, W. (2017). Statistik Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Hanief, Y. & Sugito, S. (2015). Membentuk Gerak Dasar Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitiab Pembelajaran, 1(1), 60-73.

doi:10.29407/js_unpgri.v1i1.575

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Jakarta: Kencana.

Wirnantika, I., Pratama , B., & Hanief, Y. (2017). Survey Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas IV SDN

Puhrubuh 1 dan MI Mambaul Hikam di Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Sportif : Jurnal

Penelitian Pembelajaran, 3(2), 240250.  doi:10.29407/js_unpgri.v3i2.11898.


PUBLISHED

2018-08-21

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 05 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI