Hubungan Antara Kekuatan Otot Lengan dan Kekuatan Otot Tungkai Terhadap Prestasi Renang Gaya Bebas 50 meter Siswa Kelas X SMK Pemuda Papar


Author (Penulis)

SUGENG DARSONO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.09.0223

Abstract

ABSTRAK

“Hubungan Antara Kekuatan Otot Lengan Dan Kekuatan Otot Tungkai Terhadap Prestasi Renang Gaya Bebas 50 Meter Bagi Siswa Putra Kelas X SMK Pemuda Papar”. Program Studi Penjaskesrek, FKIP UN PGRI Kediri, 2019.

Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya dalam renang banyak minat siswa yang surut karena komponen kondisi fisik yang tidak sesuai dengan harapan, khususnya komponen-komponen kondisi fisik yang harus diperhatikan pada renang gaya bebas. Anggota struktur tubuh yang baik yakni menyangkut tentang kekuatan otot tungkai dan kekuatan otot lengan adalah merupakan salah satu potensi yang baik untuk mendapatkan kecepatan dalam renang. Oleh karena itu, orang yang mempunyai kekuatan otot tungkai dan kekuatan otot lengan rata-rata memiliki kemampuan fisik yang baik seperi kekuatan, kecepatan, daya tahan dan lain-lain.

Permasalah dalam penelitian ini adalah 1) apakah ada hubungan antara kekuatan otot lengan terhadap prestasi renang gaya bebas 50 meter? 2) apakah ada hubungan antara kekuatan otot tungkai terhadap prestasi renang gaya bebas 50 meter? 3) apakah ada hubungan antara kekuatan otot lengan dan kekuatan otot tungkai terhadap prestasi renang gaya bebas 50 meter?

Penelitian ini menggunakan teknik korelasional, dimana suatu penelitian yang melibatkan tindakan pengumpulan data guna menentukan, apakah ada hubungan dan tingkat hubungan antara dua variabel atau lebih. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa putra kelas X berjumlah 10 pada siswa putra kelas X SMK Pemuda Papar, dengan menggunakan teknik sample strata maka jumlah sampel dari 36 siswa putra, hanya di ambil 10 siswa putra secara acak. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi Product Moment untuk pengujian hipotesi 1 sampai 2 dan korelasi ganda untuk pengujian hipotesis 3.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah : 1) ada hubungan kekuatan otot lengan dengan hasil renang gaya bebas 50 meter pada siswa putra kelas X SMK Pemuda Papar Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2018/2019 sebesar 74,13% 2) ada hubumgan kekuatan otot tungkai dengan hasil renang gaya bebas 50 meter pada siswa putra kelas X SMK Pemuda Papar Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2018/2019 sebesar 68,39%. 3) ada hubungan kekuatan otot lengan dan kekuatan otot tungkai dengan hasil renang gaya bebas 50 meter pada siswa putra kelas X SMK Pemuda Papar Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2018/2019. Besarnya kekuatan otot lengan dan  kekuatan otot tungkai dengan hasil renang gaya bebas 50 meter sebesar 78,1% dan sisanya yaitu 21,9% dijelaskan variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan kepada pelatih renang untuk dapat meningkatkan kekuatan otot tungkai dan kekuatan otot lengan karena memiliki hubungan hasil renang gaya bebas 50 meter

 

KATA KUNCI : Otot lengan, Otot Tungkai, Renang gaya bebas

 


Keyword

Kekuatan Otot Lengan, Kekuatan Otot Tungkai, Prestasi Renang Gaya Bebas

Reference

DAFTAR PUSTAKA

 

Anas Sudijono. 1994. Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada

Arikunto, Suharsimi. 2010.  Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Ermawan, Susanto. (2010). Pengembangan Tes Keterampilan Renang Anak Usia Prasekolah. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.

Ferdiansyah. 2016. Hubungan Antara Kekuatan Otot Lengan Dan Kekuatan Otot Tungkai  Dengan Hasil Renang Gaya Bebas Pada Siswa Putra Smk Pelayaran Satria Bahari Bandar Lampung Tahun 2016

Ismaryati. 2006. Tes dan Pengukuran Olahraga. Surakarta: Sebelas Maret University Press

Pearce, Evelyn C. 2006. Anatomi dan fisiologi untuk para medis. Jakarta: PT Gramedia.

Sajoto. 1995. Pembinaan Kondisi Fisik dalam Olahraga. Jakarta : Departeman Pendidikan dan Kebudayaan

Setiawan, Tri Tunggal. 2004. Renang Dasar1. Semarang: FIK Universitas Negeri Semarang

Sudarminto. 1992. Kinesiologi Olahraga. Direktorat Pendidikan Tinggi dan Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan, Jakarta

Soejoko, Hendromartono. 1992. Olahraga pilihan renang. Semarang: Depdikbud

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Sulasih tahun 2013 Hubungan Antara Kekuatan Otot Lengan Terhadap Prestasi Renang Gaya Bebas 50 Meter Bagi Siswa Kelas X Tkr 7 Smk Muhammadiyah Blora

Syarifuddin, Aip dan Muhadi. 1992. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta : Depdikbud

Very Fadly. 2012 . Hubungan Kekuatan Otot Tungkai, Kekuatan Otot Lengan Dan Kelentukan Togok Terhadap Kecepatanrenang Gaya Kupu-Kupu Pada Atlet Renang Kota Makassar”

Wahjoedi.2001. Evaluasi Pendidikan Jasmani. Rineka Cipta. Jakarta

Widiyanto. 2013.  Statistika Terapan. Jakarta: Bumi Aksara

Wilmore, J.H. & Costill, D.L. 1986. Physiology of Sport and Exercise. Human Kinetic Publisher Inc, Campaign

Muhyi. 2012. Permainan Bola Voli Konsep teknik Strategi dan Modifikasi: Surabaya Graha Pustaka Media Utama.

Nurhasan. 2005. Aktivitas Kebugaran. Jakarta: Direktorat Pembinaan Luar Biasa.

Nuril Ahmadi.2007. Panduan Olahraga Bolavoli.Surakarta: Era Pustaka Utama

Pate RR.Mc.,Clengham B., Rotella R,. (1994). Scientific Foundation of Coaching, (alih bahasa oleh Kasiyo


PUBLISHED

2019-07-29

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 05 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade