PERSEPSI SISWA KELAS VIII TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI (Studi pada guru pendidikan jasmani dan olahraga SMP Negeri se-Kecamatan Prambon Tahun Ajaran 2016/2017)


Author (Penulis)

Anggi Kurniasari
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.09.0219

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini di latar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, yang di lakukan di SMP Negeri se-kecamatan Prambon tentang Persepsi siswa Kelas VIII terhadap proses pembelajaran pendidikan jasmani. Pendidikan dalam arti luas dapat mencakup seluruh proses kehidupan dan setiap interaksi individu dengan lingkungan. Proses interaksi tersebut dapat berlangsung dalam lingkungan sekolah dan masyarakat. Kegiatan pendidikan harus dilakukan secara sadar dengan tujuan untuk meningkatkatkan sumber sumber daya manusia yang berkualitas dan untuk mengembangkan potensi diri menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimen menggunakan rancangan wawancara dan dokumentasi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan kusioner. Penelitian ini bertempat di SMP Negeri se- Kecamatan Prambon dan di ambil 20% dari total siswa yaitu 585, yaitu sebanyak 117 siswa yang disajikan sebagai sampel penelitian dengan rincian, SMPN 1 Prambon 291 siswa sebagai populasi dan 58 siswa sebagai sampel, SMPN 2 Prambon 294 siswa sebagai populasi dan 59 siswa sebagai sampel. Dari data tersebut maka teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif secara deskriptif Presentase. Berdasarkan hasil peneelitian di SMPN 1 Ptambon 8,62% siswa menilai metode pembelajaran yang diberikan sangat baik, sedangkan di SMPN 2 Prambon 49,15% metode yang diberikan sangat baik. Dan 20,69% siswa SMPN 1 Prambon menilai kejelasan materi yang diajarkan sangat jelas sedangkan 49,15% siswa SMPN 2 Prambon menilai kejelasan materi yang diajarkan sangat jelas. Presentase pembelajaran sesuai waktu yang ditentukan 53,45% SMPN 1 Prambon menilai sangat sesuai, sedangkan 67,80% SMPN 2 Prambon menilai sangat sesuai. Sehinggah dari hasil perhitungan presentase diatas dapat ditarik kesimpulan bahwaada perbedaan persepsi siswa yang sangat signifikan antara kedua sampel yang diteliti. KATA KUNCI : persepsi siswa, proses pembelajaran, pendidikan jasmani.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-06

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI