Pengaruh Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Melalui Modifikasi Alat Pembelajaran Kardus Pada Siswa SMP PGRI 1 Kota Kediri Kelas VII Tahun Ajaran 2016/2017


Author (Penulis)

MOH. IFAN SURYADI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.09.0207

Abstract

ABSTRAK MOHAMMAD IFAN SURYADI : Pengaruh Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Melalui Modifikasi Alat Pembelajaran Kardus Pada Siswa SMP PGRI 1 Kota Kediri Kelas VII Tahun Ajaran 2016/2017. Kata kunci : Modifikasi Alat Pembelajaran Kardus, Lompat Jauh Gaya Jongkok. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pada materi lompat jauh gaya jongkok, siswa SMP PGRI 1 Kota Kediri kesulitan untuk melakukan lompatan dengan hasil yang baik. Hal ini dikarenakan dalam proses pembelajarannya guru belum menggunakan media atau alat pembelajaran yang tepat untuk materi lompat jauh gaya jongkok. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini memiliki 3 perumusan masalah sebagai berikut: 1) Adakah pengaruh lompat jauh gaya jongkok melalui modifikasi alat pembelajaran kardus pada siswa kelas VIIA SMP PGRI 1 Kota Kediri ? 2) Adakah pengaruh lompat jauh gaya jongkok tanpa melalui modifikasi alat pembelajaran kardus pada siswa kelas VIIB SMP PGRI 1 Kota Kediri ? 3) Terdapat perbedaan pengaruh lompat jauh gaya jongkok melalui modifikasi alat pembelajaran kardus dibandingkan dengan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok tanpa modifikasi alat pembelajaran kardus pada siswa SMP PGRI 1 Kota Kediri ? Penelitian ini menggunakan teknik eksperimen dengan desain penelitian Posttes-only control design. Pendekatan yang digunakan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VII SMP PGRI 1 Kota Kediri dengan populasi/sampel Kelas VIIA sebanyak 25 siswa (sebagai kelompok eksperimen) dan Kelas VIIB sebanyak 25 siswa (sebagai kelompok kontrol) diteliti semua. Teknik pengumpulan data berupa tes, dan teknik pengolahan data digunakan t-tes. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan temuan penelitian bahwa 1) Adanya pengaruh lompat jauh gaya jongkok melalui modifikasi alat pembelajaran kardus pada siswa kelas VIIA SMP PGRI 1 Kota Kediri, berdasarkan taraf signifikansi 5% diperoleh t-hitung -13.735 dengan df 24 dan Sig. (2-tailed) 0,000. Jika Sig (2-tailed) ? 0,05, maka Ha ditolak. Dari hasil uji t dengan Paired Sample t-test diketahui bahwa nilai Sig (2-tailed) (0,000 ? 0,05) maka Ha ditolak. 2) Adanya pengaruh lompat jauh gaya jongkok tanpa melalui modifikasi alat pembelajaran kardus pada siswa kelas VIIB SMP PGRI 1 Kota Kediri, berdasarkan taraf signifikansi 5% diperoleh t-hitung sebesar -9.752 dengan df 24 dan Sig (2-tailed) 0,000. Jika Sig (2-tailed) ? 0,05, maka Ha ditolak. Dari hasil uji t dengan Paired Sample t-test diketahui bahwa nilai Sig (2-tailed) (0,000 ? 0,05) maka Ha ditolak. 3) Terdapat perbedaan pengaruh lompat jauh gaya jongkok melalui modifikasi alat pembelajaran kardus dibandingkan dengan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok tanpa modifikasi alat pembelajaran kardus pada siswa SMP PGRI 1 Kota Kediri, berdasarkan taraf signifikansi 5% diperoleh t-hitung sebesar 5.388 dengan df 48 dan Sig (2-tailed) 0,000. Jika Sig (2-tailed) ? 0,05, maka Ha ditolak. Diketahui bahwa (0,000 ? 0,05) maka Ha ditolak. Dari hasil uji t dengan independent t-test diketahui bahwa nilai Sig (2-tailed) (0,000 ? 0,05) maka Ha ditolak.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-22

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 01 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI