PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LAY UP SHOOT BOLA BASKET PADA SISWA KELAS VII SMP N 1 PLOSOKLATEN TAHUN AJARAN 2017-2018
Author (Penulis)
NOVANDA ANGGIK FRISTYANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.09.0200
Abstract
ABSTRAK
Novanda Anggik Fristyanto: “Penerapan Media Pembelajaran Untuk Meningkatakan Hasil Belajar Lay Up Shoot Bola Basket Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Plosoklaten TahunAjaran 2017-2018”, Skripsi, Penjaskesrek, FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri. 2017.
Kata kunci : media pembelajaran, lay up shoot, bola basket
Hasil observasi dan wawancara guru mata pelajaran pendidikan jasmani di SMP menunjukan bahwa masih banyak ketidakberhasilan siswa karena ketika siswa akan melakukan lay up shoot, ketepatansaat memegang bola dilanjutkan dengan melangkah itu tidak pas atau tidak tepat, sehingga saat melakukan lay up shoot siswa bingung dan langkahnya tidak sesuai dan membuat bola tidak masuk kekeranjang. Faktorlainyang datangdarisiswanyasendiri, sepertikurangnyaantusiassiswadalammengikutipembelajaran. Kemudianpartisipasisiswadalammengikutipembelajaransangatkurangsehinggamenyebabkankurangmaksimalnyahasilbelajarlay up shoot yang dicapai. Faktoralat/media yang digunakankurang, sehinggamembuatsiswaengganmelakukanlatihansendiriketikamerekamenunggugiliranuntukmencoba.
Subjekdalampenelitianiniadalahanakkelas VII D SMP Negeri 1 Plosoklatentahunajaran 2016/2017, denganjumlah 32 siswa yang terdiridari 14 siswaputradan 18 siswaputri. Dipilihnyakelas VII D sebagaisubjekpenelitianinitidaklepasdarirendahnyahasilbelajarsiswaterhadaplay up shoot bola basket.Penelitianinidilakukan di SMP Negeri 1 Plosoklaten, Kawedusan. SMP Negeri 1 Plosoklateninitepatnyaterletak di DesaKawedusan, dusunKecamatanPlosoklaten, Kabupaten Kediri
Data yang dikumpulkan pada setiap kegiatan observasi dari pelaksanaan siklus PTK dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan teknik presentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran.
Dengan penerapan media lembar spoon dalam pembelajaran lay up shoot bola basket, siswa lebih antusias atau aktif dalam mengikuti pembelajaran, hal ini terbukti dari hasil nilai afektif dimana pada siklus I nilai keafektifan siswa secara klasikal sebesar 50% sedangkan pada siklus II nilai secara klasikalsebesar 75% atau 27 siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM.