MOTIVASI SISWA TUNA NETRA DALAM MENGIKUTI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DISEKOLAH LUAR BIASA (SLB) SUMBERJO KEDIRI
Author (Penulis)
ASEP DONI SAPUTRO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.09.0176
Abstract
ABSTRAK: ASEP DONI SAPUTRO: Motivasi Siswa Tuna Netra Dalam Mengikuti Mata Pelajaran
Pendidikan Jasmani Di Sekolah Luar Biasa ( SLB) Sumberjo Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi,
PENJASKESREK, FKIP UN PGRI Kediri, 2017.
Pendidikan jasmani adalah suatu proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk
meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan ketrampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup
sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Banyak yang antusias dalam mengikuti mata pelajaran
pendidikan jasmani namun tidak sedikit juga yang kurang bahkan tidak antusias sama sekali dalam
mengikuti mata pelajaran pendidikan jasmani.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana motivasi ekstrinsik dan instrinsik siswa SLB
sumberjo dalam mengikuti mata pelajaran pendidikan jasmani. Dalam penelitian ini diasumsikan bahwa
motivasi siswa SLB sumberjo dalam mengikuti mata pelajaran pendidikan jasmani berbeda -beda.
Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Se bagai
subyek penelitian ini adalah seluruh siswa SDLB sumberjo sebanyak 10 siswa. Teknik pengumpulan data
meggunakan kuisioner dengan pembobotan skor menggunakan skala likert.
Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi instrinsik siswa sebesar 78,6% yang mempunyai skala
tinggi dan motivasi ekstrinsik sebesar 58,2% yang mempunyai skala cukup.
Diharapkan hasil penelitian ini disarankan (1) agar selalu termotivasi dalam mengikuti segala jenis mata
pelajaran yang diadakan oleh pihak sekolah, karena segala jenis mata pelajaran ataupun kegiatan lain
sangatlah bermanfaat bagi siswa karena pihak sekolah sudah jauh hari memperhitungkan dampak ataupun
manfaat bagi siswa itu sendiri (2) agar sekolah luar biasa(SLB) suberjo kediri selalu memperhatikan
kualitas pengajaran khususnya pada mata pelajaran pendidikan jasmani supaya para siswa bisa antusias dan
termotivasi dalam mengikuti pelajaranya.
KATA KUNCI : pendidikan jasmani, motivasi, intrinsik, dan ekstrinsik