MOTIVASI SISWA TUNA NETRA DALAM MENGIKUTI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DISEKOLAH LUAR BIASA (SLB) SUMBERJO KEDIRI


Author (Penulis)

ASEP DONI SAPUTRO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.09.0176

Abstract

ABSTRAK: ASEP DONI SAPUTRO: Motivasi Siswa Tuna Netra Dalam Mengikuti Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Di Sekolah Luar Biasa ( SLB) Sumberjo Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, PENJASKESREK, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Pendidikan jasmani adalah suatu proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan ketrampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Banyak yang antusias dalam mengikuti mata pelajaran pendidikan jasmani namun tidak sedikit juga yang kurang bahkan tidak antusias sama sekali dalam mengikuti mata pelajaran pendidikan jasmani. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana motivasi ekstrinsik dan instrinsik siswa SLB sumberjo dalam mengikuti mata pelajaran pendidikan jasmani. Dalam penelitian ini diasumsikan bahwa motivasi siswa SLB sumberjo dalam mengikuti mata pelajaran pendidikan jasmani berbeda -beda. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Se bagai subyek penelitian ini adalah seluruh siswa SDLB sumberjo sebanyak 10 siswa. Teknik pengumpulan data meggunakan kuisioner dengan pembobotan skor menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi instrinsik siswa sebesar 78,6% yang mempunyai skala tinggi dan motivasi ekstrinsik sebesar 58,2% yang mempunyai skala cukup. Diharapkan hasil penelitian ini disarankan (1) agar selalu termotivasi dalam mengikuti segala jenis mata pelajaran yang diadakan oleh pihak sekolah, karena segala jenis mata pelajaran ataupun kegiatan lain sangatlah bermanfaat bagi siswa karena pihak sekolah sudah jauh hari memperhitungkan dampak ataupun manfaat bagi siswa itu sendiri (2) agar sekolah luar biasa(SLB) suberjo kediri selalu memperhatikan kualitas pengajaran khususnya pada mata pelajaran pendidikan jasmani supaya para siswa bisa antusias dan termotivasi dalam mengikuti pelajaranya. KATA KUNCI : pendidikan jasmani, motivasi, intrinsik, dan ekstrinsik

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-04

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI