PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KICKING DAN HEADING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA MINI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI KEMLOKOLEGI 1 KECAMATAN BARON KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

Heru Setiawan
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.09.0157

Abstract

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KICKING DAN HEADING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA MINI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI KEMLOKOLEGI 1 KECAMATAN BARON KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2016/2017 HERU SETIAWAN NPM: 12.1.01.09.0157 FKIP – PENJASKESREK Email : : Heru43500@yahoo.com Drs. Slamet Junaidi, M.Pd.1 dan Septyaning Lusianti,M. Pd.2 UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti yang menemukan beberapa siswa SD Negeri Kemlokolegi 1 Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk cenderung melakukan gerak dalam pelajaran pendidikan jasmani, hanya pada saat guru memperhatikan ataupun disaat ada tugas untuk melakukan suatu latihan, itupun terbatas pada tugas yang diberikan, tanpa adanya usaha untuk melatih keterampilan gerak yang lebih baik. Tujuan dari penelitian ini secara umum yaitu ingin mengetahui kegunaan model pembelajaran reciprocal terhadap peningkatan kemampuan kicking dan heading siswa SD Negeri Kemlokolegi 1 Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk membantu memperlancar jalannya kegiatan belajar mengajar sehingga prestasi belajar siswa semakin meningkat. Permasalahan penelitian ini yaitu: Apakah penggunaan model pembelajaran reciprocal dapat meningkatkan kemampuan kicking dan heading siswa kelas V SD Negeri Kemlokolegi 1 tahun pelajaran 2016/2017? Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus menggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi, menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian peserta didik SD Negeri Kemlokolegi 1 Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah peserta didik 20 peserta didik yang terdiri dari 14 peserta didik laki-laki dan 6 peserta didik perempuan di Desa Kemlokolegi Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk.. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: pembelajaran kicking dan heading sepak bola dengan model pembelajaran reciprocal pada siswa kelas V SD Negeri Kemlokolegi 1 Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, hal ini dapat dibuktikan dari hasil observasi pembelajaran yang telah dilakukan diperoleh data didapatkan ketuntasan hasil belajar sebagai berikut: pra siklus sebesar 47,50%; siklus 1 sebesar 67,50%; dan siklus 2 sebesar 87,50%. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: Pelaksanaan model pembelajaran timbal balik atau resiprocal memerlukan persiapan yang cukup matang, sehingga guru harus mampu menentukan atau memilih topik yang benar-benar bisa diterapkan dengan model resiprocal, sehingga diperoleh hasil yang optimal. Kata Kunci : kicking dan heading, reciprocal, sepak bola

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-16

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 08 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI