PENGARUH PEMBELAJARAN TEKNIS DAN TAKTIS TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING CHEST PASS BOLA BASKET PADA SISWA PUTRA KELAS VIII SMP NEGERI I WATES TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

EDO HARINDA SETYAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.09.0153

Abstract

ABSTRAK Edo Harinda Setyawan “Pengaruh Pembelajaran Teknis dan Taktis terhadap Hasil Belajar Passing Chest Pass Bola Basket pada Siswa Putra Kelas VIII SMP Negeri I Wates Tahun Pelajaran 2016/2017”, Skripsi, Penjaskesrek, FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri. 2017. Kata kunci : pembelajaran teknis, pembelajaran taktis dan hasil belajar passing chest pass bola basket. Upaya meningkatkan keterampilan bermain bola basket siswa sekolah, maka faktor yang mendasar siswa harus menguasai macam-macam teknik dasar bola basket. Passing merupakan salah satu teknik dasar bola basket yang memiliki kontribusi besar dalam permainan bola basket. Pembelajaran teknis dan taktis merupakan bentuk pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar passing dalam permainan bola basket Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pembelajaran teknis dan taktis terhadap hasil belajar passing bola basket, serta mana yang lebih baik pengaruhnya antara pembelajaran teknis dan taktis terhadap hasil belajar passing chest pass bola basket Teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah true Experimental Design dengan desain penelitian pretest-postest control group design. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 44 siswa putra kelas VIII. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t Hasil penelitian ini adalah : 1) ada pengaruh yang signifikan pembelajaran teknis terhadap hasil belajar passing chest pass bola basket, dengan nilai thitung 8,741 > nilai ttabel 1,740 2) ada pengaruh yang signifikan pembelajaran taktis terhadap hasil belajar passing chest pass bola basket, dengan nilai thitung 16,911 > nilai ttabel 1,740,. 3) pengaruh pembelajaran taktis lebih baik daripada pembelajarn teknis terhadap hasil belajar passing chest pass bola basket siswa putra kelas VIII SMP Negeri I Wates tahun pelajaran 2016/2017, dengan nilai thitung 2,176 > nilai ttabel 1,694 dan nilai rata-rata setelah diberikan pembelajaran taktis lebih baik daripada rata-rata setelah diberikan pembelajaran teknis Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa pengaruh pembelajaran taktis lebih baik daripada pembelajarn teknis terhadap hasil belajar passing chest pass bola basket. Maka dari itu dapat disarankan untuk bisa mencapai hasil belajar passing chest pass yang maksimal pada permainan bola basket maka pelatih diterapkannya pembelajaran teknis dan taktis.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-14

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 03 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI