survei motivasi siswa kelas vii smp n 6 kota kediri terhadap mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan tahun pelajaran 2017/2018


Author (Penulis)

Sareh Pramono
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.09.0144

Abstract

Abstrak

 

Sareh Pramono ; Survei Motivasi Siswa Kelas VII SMP N 6 Kota Kediri Terhadap Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Tahun Pelajaran 2017/2018, Skripsi, PENJASKESREK, FKIP UN PGRI Kediri, 2018

 

Kata kunci : Motivasi siswa kelas VII SMP N 6 Kota Kediri terhadap Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.

            Permasalahan penelitian adalah : Bagaimana motivasi siswa kelas VII terhadap mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di SMP N 6 kota Kediri tahun pelajaran 2017/2018? Tujuan penelitian : Untuk mengetahui bagaimana motivasi siswa kelas VII terhadap mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di SMP N 6 Kota Kediri tahun pelajaran 2017/2018.

            Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP N 6 Kota Kediri tahun pelajaran 2017/2018. Dalam penelitian ini penulis mengambil sambil dari sebagian  populasi siswa kelas VII SMP N 6 Kota Kediri. Variabel penelitian ini adalah motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan skala motivasi dan selajutnya dianalisis menggunakan rumus deskriptif presentase.

            Hasil peenelitian menunjukkan bahwa factor motivasi pada diri siswa kelas VII SMP N 6 kota Kediri tahun ajaran 2017/2018 mammpu mempengaruhi motivasinya terhadap mata pelajaran jasmani, olaharaga dan kesehatan dalam kategori tinggi (72,73%), Sangat tinggi (25%), sedang (2,27%),sedangkan kategori rendah dan sangat rendah (0%).

            Berdasarkan hasil penelitian penulis memberikan saran antara lain : 1) Bagi siswa hendaknya dapat mempertahankan derajat kesehatan,perhatian, minat dan bakatnya yang telah mampu memperngaruhi motivasinya terhadap mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan yang tinggi sebagai upaya pengembangan aspek fisik, psikomotor, kognitif dan psikis/ efektif pada dirinya, 2)bagi guru hendaknya dapat mempertahankan metode mengajarnya yang telah baik serta selalu berinovasi dalam penggunaan metode mengajar maupun sarana prasarana yang ada disekolah agar mampu memotivasi siswa  lebih efekte lebih aktif selama kegiatan pembelajaran berlangsung, dan 3) bagi sekolah diharapkan untuk senantiasa berusaha meningkatkan sarana dan prasarana dalam mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan seiring dengan perkembangan teknologi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan.


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Afandi, M. Alfa. 2011. Perbandingan Pengaruh Pemberian Permainan Kecil dan Konvensional dalam Pemanasan terhadap Minat Siswa Mengikuti Pembelajaran Permainan Bolavoli Siswa Kelas VIII SMP Muhamadiyah 6 Surabaya. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya, Skripsi tidak Diterbitkan

Aip Syarifudin dan Nurhadi Santoso. 2009. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Dekdikbud Dirjen Perguruan Tinggi

Arikunto, Suharsimi. 1993. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta; Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Catharina dkk, Tri Anni. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK UNNES Semarang Press

Darsono, Max dkk. 2000. Belajar Dan Pembelajaran. Semarang; IKIP

Depdikbud. 2003.  Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani. Jakarta

Dimyati & Mujiono. 2002.  Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Perguruan Tinggi dan Depdikbud

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Guntur. 2009. Peranan Pendekatan Andragogis Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia (Volume 7 Nomor 2). Halaman 15

Hadi, Sutrisno. 1990. Metodologi Research Jilid 1. Yogyakarta: Andi Offset. 2001. Metodologi Research Jilid 2. Yogyakarta: Andi Offset

Hamalik, Oemar. 2001. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara

Hamalik, Oemar. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Husaini, Usman & Purnomo Setiady, Akbar. 2003. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara

Maksum, Ali. 2009. Statistik dalam Olahraga Universitas Negeri Surabaya.

Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Natawidjaya, Rochman. 1979. Psikologi Pendidikan. Jakarta: CV Mutiara

Sanapah, Faisal. 2005. Format-format Penelitian Sosial. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sardiman A, M. 2006. Interaksi dan Movitasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Subardjah, Herman. 2000. Psikologi Olahraga. Jakarta: Depdiknas

Sudjana. 2000. Metode Statistik. Bandung: PT. Gramedia Pustaka Utama

Sudradjat SW. 1985. Statistika Nonparametrik. Bandung: CV Armico

Suherman, A. 2009. Revitalisasi Pengajaran dalam Pendidikan Jasmani. Bandung: CV BintangWarli Artika

Walgito, Bima. 2003. PengantarPsikologi Umum. Yogyakarta: Andi Yogyakarta

 

 


PUBLISHED

2019-02-16

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI